warga sekitar bantaran sungai untuk bersiaga
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi berlangsung pada 8 sampai 14 Maret 2024.

"Hasil analisis terkini BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/angin kencang pada periode tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Isnawa menuturkan cuaca ekstrem ini dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, adanya peningkatan kecepatan angin dari Utara Indonesia hingga melintasi ekuator melalui Selat Karimata yang mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

“Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya sampai Selatan Jawa dan Australia bagian Utara dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian Selatan,” ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai dan bersiaga mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem.

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” ujarnya.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan terkait dengan kenaikan status Pos Pantau Pintu Air Pasar Ikan menjadi waspada atau siaga 3 pada Kamis dini hari.

BPBD DKI Jakarta, dalam laman resminya itu, juga sempat memperingatkan warga sekitar bantaran sungai untuk bersiaga, karena meningkatnya status Pos Pantau Sunter Hulu ke siaga 3 pada Rabu (6/3) sekitar pukul 21.00 WIB.

DKI Jakarta termasuk sebagai daerah yang berpotensi masih mengalami dampak intensitas hujan ekstrem seperti banjir selama sepekan ke depan, atau mulai dari tanggal 1- 8 Maret 2024, menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
Baca juga: Benarkah umur resapan era Anies di Jakarta ditutup dan sebabkan banjir?
Baca juga: Wali Kota minta petugas antisipasi cuaca ekstrem saat Ramadhan
Baca juga: Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Siaga 2

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024