Para penjaga pantai Mesir menyelamatkan 72 warga Palestina , 40 warga Suriah dan empat warga Mesir,"
Kairo (ANTARA News) - Dua belas orang tewas ketika sebuah kapal yang membawa imigran gelap dan pengungsi Suriah tenggelam di lepas pantai utara Mesir, Jumat, menurut petugas keamanan dan kesehatan.

"Para penjaga pantai Mesir menyelamatkan 72 warga Palestina , 40 warga Suriah dan empat warga Mesir," kata seorang petugas keamanan.

Penyebab kecelakaan dan kewarganegaraan korban tewas belum diketahui.

Lebih dari dua juta pengungsi telah melarikan diri dari perang sipil di Suriah. Para pengungsi itu terutama menuju ke negara tetangga Suriah, antara lain Irak , Jordania , Turki dan Lebanon .

Banyak juga yang telah mencoba untuk melakukan perjalanan perahu berbahaya untuk mencari keamanan, terkadang bersama imigran gelap dari Afrika utara yang mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Pada Jumat , puluhan orang tewas ketika sebuah kapal yang membawa imigran terbalik di antara Sisilia dan Tunisia, dan setidaknya 339 imigran asal Eritrea dan Somalia tenggelam pada 3 Oktober di dekat Pulau Lampedusa, Italia, yang terletak di barat daya dari Sisilia .

Dari awal tahun hingga pekan pertama September, 21.870 imigran ilegal atau pengungsi telah tiba di pantai Italia selatan, tiga kali lipat dari periode yang sama tahun lalu, menurut Badan PBB untuk Pengungsi ( UNHCR ).

Jumlah pengungsi Suriah yang mencapai Italia telah meningkat terus dalam beberapa bulan terakhir dan PBB memperkirakan bahwa 3.300 pengungsi telah tiba sejak awal Agustus, demikian Reuters,
(G003/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013