Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak seluruh pihak untuk terus memperjuangkan hak-hak perempuan, memperkuat suara mereka, dan berjuang untuk masa depan di mana setiap perempuan dapat memaksimalkan potensi mereka.

"Bersama-sama mari kita membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah dan inklusif, di mana potensi setiap perempuan tidak mengenal batas," kata Menteri Bintang Puspayoga saat dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat malam, terkait peringatan Hari Perempuan Internasional 2024.

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Baca juga: KemenPPPA: Hari Perempuan Internasional refleksi kontribusi perempuan

Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Rumah Tangga dan Rentan Kementerian PPPA Eni Widiyanti menambahkan bahwa saat ini telah banyak capaian yang diraih oleh perempuan-perempuan Indonesia.

Meskipun demikian, menurut di, kesenjangan gender masih tinggi, begitu juga angka kekerasan terhadap perempuan.

Baca juga: Pimpinan tinggi perempuan diminta ciptakan kebijakan memihak perempuan

"Sesuai dengan tema IWD (International Women’s Day) 2024, kita diingatkan betapa pentingnya berinvestasi pada perempuan untuk mempercepat kesetaraan gender. Saat ini sudah banyak capaian yang diraih oleh perempuan. Makin banyak perempuan yang berperan dalam berbagai bidang," ujarnya.

Namun, kata dia, data masih menunjukkan bahwa kesenjangan gender masih menganga lebar. Angka kekerasan terhadap perempuan masih tinggi.

Baca juga: Menteri PPPA dorong pemberdayaan ekonomi perempuan majukan Indonesia

Untuk itu, Kementerian PPPA mendorong Hari Perempuan Internasional 2024 agar menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi pentaheliks dengan akademisi, dunia usaha, media, dan organisasi masyarakat sipil agar kesetaraan gender dapat terwujud.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024