Jakarta (ANTARA) - Kepala Tim Ferrari Fred Vasseur menilai Oliver Bearman yang secara mendadak menggantikan Carlos Sainz pada rangkaian Grand Prix Arab Saudi, akhir pekan ini, merupakan seorang pembalap muda dengan potensi besar.

“Sejujurnya dia berada di Ferrari sebelum saya bergabung. Dia pernah masuk akademi, tapi jika Anda melihat penampilannya dulu di seri junior, dia melakukannya dengan sangat, sangat baik,” kata Vasseur, dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu.

“Dia selalu berada di dua besar, tiga besar, menang di F4, menang di F3 dan dia melakukan pekerjaannya dengan sangat baik,” ujar pria Prancis itu menambahkan.

Adapun Bearman yang masih berusia 18 tahun menggantikan posisi Sainz yang absen di Jeddah karena harus melakoni operasi radang usus buntu. Ini merupakan pertama kalinya bagi Bearman untuk berkompetisi di kelas F1.

Pembalap cadangan yang saat ini menjalani musim keduanya di F2 itu hanya diberikan sedikit waktu untuk mempersiapkan diri.

Namun, Vasseur dan tim memiliki keyakinan bahwa Bearman dapat segera beradaptasi dengan baik di balik kemudi SF-24, mengingat ia sudah pernah ambil bagian dalam dua sesi latihan bebas (FP) untuk Haas di akhir musim 2023 dan mengikuti tes dengan mobil balap tua Ferrari di Fiorano, Italia.

“Dia mengendarai mobil tua itu beberapa bulan lalu dan dia melakukannya dengan sangat baik. Tahun lalu dia melakukan dua FP1 bersama kami di Meksiko dan dia juga melakukan pekerjaan yang baik dalam hal ini,” kata Vasseur.

Baca juga: Verstappen klaim pole keduanya musim ini di GP Arab Saudi

Meski demikian, Vasseur mengatakan ia tidak memberikan tekanan apa pun untuk Bearman pada GP Arab Saudi ini.

“Sekarang selalu ada perbedaan antara melakukan pekerjaan dengan baik di seri junior dan F1. Kami tidak perlu menarik kesimpulan apa pun sekarang. Kami harus memberinya waktu untuk melakukan pekerjaannya dan saya tidak akan memberikan tekanan apa pun padanya akhir pekan ini,” ujar Vasseur.

Mengenai ekspektasi terhadap apa yang dapat dicapai Bearman yang akan memulai balapan utama dari P11, Vasseur berharap Bearman dapat memetik pelajaran dan pengalaman di F1.

“Yang paling penting saat ini adalah mendapatkan pengalaman, tapi tentu saja ini pun merupakan peluang,” tegas dia.

Sementara itu, balapan utama GP Arab Saudi akan digelar pada Minggu (10/3) pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Verstappen puncaki sesi latihan bebas ketiga GP Arab Saudi
Baca juga: Sainz absen di GP Arab Saudi, digantikan pembalap F2 Ferrari


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024