Jakarta (ANTARA) - Pembalap cadangan Ferrari Oliver Bearman mengaku cukup puas bisa tampil dengan maksimal dengan finis di urutan ketujuh dan menyumbangkan tambahan poin bagi tim pada balapan debutnya di kelas Formula 1, di Grand Prix Arab Saudi, Minggu WIB.

“Saya pikir saya telah menampilkan performa yang bagus untuk diri saya sendiri, dan itu adalah hal yang paling penting, bukan?” kata Bearman, dikutip dari laman resmi Formula 1.

Pembalap Inggris itu memulai dari P11 di grid tetapi segera melakukan serangkaian overtake, termasuk pergerakan ke Yuki Tsunoda (RB) dan Nico Hulkenberg (Haas).

Seiring berlalunya balapan, Bearman lalu menghadapi tekanan dari kompatriotnya, Lando Norris (McLaren) dan Lewis Hamilton (Mercedes), tapi pada akhirnya ia berhasil mempertahankan posisi P7 dan memberinya enam poin dalam balapan Formula 1 pertamanya.

Baca juga: Verstappen juara GP Arab Saudi, Bearman raih poin untuk Ferrari

Saat ditanya mengenai pengalaman dan adaptasinya di balik kemudi Ferrari SF-24 untuk pertama kalinya, pembalap berusia 18 tahun itu mengakui bahwa menjadi pembalap F1 memerlukan kemampuan dan ketahanan fisik yang kuat.

“Secara fisik, ini adalah balapan yang sangat sulit! Menurut saya, bagian punggung bawah dan leher saya terasa sakit. Tapi, bagaimana pun, ini adalah hal yang sangat menyenangkan,” kata Bearman.

Penampilan Bearman pun menuai pujian dari para pembalap senior di grid tahun ini, dengan Hamilton dan George Russell memberikan selamat dan pelukan kepada pembalap F2 itu di akhir balapan.

Baca juga: Ferrari nilai Bearman merupakan pembalap muda dengan potensi besar

Pun dengan rekan satu timnya, Charles Leclerc, yang menilai Bearman pantas mendapatkan posisi P7 pada balapan F1 pertamanya, mengingat kemampuan dan daya saingnya yang tinggi.

“Ia benar-benar pantas mendapatkannya. Ia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Bahkan dalam latihan, dia langsung mendapatkan ace, dan di kualifikasi dia melewatkan Q3 (adu penalti terakhir) dengan sangat tipis,” kata Leclerc, yang finis P3 pada GP Arab Saudi 2024.

“Ia luar biasa. Meraih posisi ketujuh dalam balapan pertamanya di F1 setelah hanya melakukan satu kali latihan bebas dengan mobil baru sangatlah mengesankan. Saya yakin dia sangat bangga dan semua orang melihat betapa berbakatnya dia,” ujarnya.

Sementara itu, putaran ketiga Formula 1 2024 adalah Grand Prix Australia yang akan bergulir di Sirkuit Melbourne pada 22-24 Maret.

Baca juga: Sainz absen di GP Arab Saudi, digantikan pembalap F2 Ferrari

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024