Kita sedang mempelajari stasiun mana saja yang memang potensial untuk direvitalisasi dan dengan adanya revitalisasi ini mengembalikan nilai-nilai sejarahnya
Cirebon (ANTARA) -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merancang untuk mempercantik stasiun kereta api bersejarah di Indonesia dengan merevitalisasi tanpa mengurangi nilai historis yang dimiliki bangunan tersebut.
 
“Kita sedang mempelajari stasiun mana saja yang memang potensial untuk direvitalisasi dan dengan adanya revitalisasi ini mengembalikan nilai-nilai sejarahnya,” kata Budi saat ditemui di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.
 
Menhub menjelaskan terdapat sejumlah stasiun di daerah yang menyimpan warisan sejarah masa lalu, serta dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata. Mengingat sebagian besar bangunan itu kondisinya masih terawat.
 
Misalnya, kata dia, Stasiun Cirebon yang sudah berdiri sejak zaman kolonial dan bangunan utamanya memiliki gaya arsitektur khas gedung-gedung di Eropa.
 
Budi menyaksikan sendiri stasiun tersebut masih mempertahankan corak arsitektur masa lalu, serta dalam waktu dekat segera dipercantik beberapa sudutnya.

Baca juga: Menhub tinjau kesiapan BIJB Kertajati jelang mudik Lebaran 2024

Baca juga: Menhub minta angkutan barang adopsi kemajuan teknologi
 
Menurut dia, konsep revitalisasi itu sedang dirancang sehingga penerapannya bisa sesuai dengan tetap mempertahankan warisan cerita sejarah yang melekat pada bangunan stasiun.
 
“Saya sedang melakukan evaluasi terhadap stasiun-stasiun heritage yang ada di Indonesia. Kita tahu bahwa stasiun-stasiun di Indonesia itu cantik-cantik dan penuh goresan sejarah,” ujarnya.
 
Budi menekankan keberadaan stasiun heritage ini harus dioptimalkan. Artinya bangunan itu tidak sekadar menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat yang menggunakan jasa angkutan kereta api.
 
Melainkan, kata Menhub, bisa menjadi daya tarik tambahan untuk menambah destinasi wisata di kota tersebut.
 
“Kita coba memberikan keindahan atau objek turis bagi kota-kota yang dilalui. Saya juga tadi ngobrol dengan turis dari China. Dia datang ke sini mau melakukan survei tentang penduduk Indonesia,” tuturnya.
 
Ia berharap jika kajian dan evaluasi bisa selesai, maka tahap revitalisasi untuk mempercantik stasiun bersejarah di Indonesia dapat dilakukan secepat mungkin.
 
 
Tampak depan Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024), yang memiliki gaya arsitektur Eropa dan masih dipertahankan hingga sekarang. (ANTARA/Fathnur Rohman)
 
Sementara Vice Presiden PT KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priananda menyambut baik rencana revitalisasi itu, karena Stasiun Cirebon sendiri termasuk salah satu stasiun bersejarah di Jawa Barat.
 
Dia menyerahkan sepenuhnya konsep revitalisasi kepada Kemenhub, supaya kondisi Stasiun Cirebon bisa lebih baik ke depannya.

Baca juga: Kemenhub upayakan kemudahan akses transportasi massal di Jabodetabek
 
“Progres masih dalam pembahasan. Hanya diawal kita rapat, sampai dengan Mei 2024 ini Detail Engineering Design harus sudah selesai. Perkembangan lebih lanjut nanti menunggu keputusan Pak Menhub,” kata Dicky.
 
Ia menambahkan saat meninjau, Menhub mengagumi fasad depan Stasiun Cirebon dan meminta agar bentuk bangunan itu dipertahankan.
 
“Beliau senang banget dengan fasad yang di atas. Minta bangunan lama dipertahankan. Bangunan tinggi ini nanti tidak diubah. Lalu ke dalam tadi lihat, overkapping itu mungkin tidak harus diubah tapi diperbaiki,” ucap dia.
 
Sedangkan berdasarkan informasi dari PT KAI Daop 3 Cirebon, Stasiun Cirebon diresmikan pada 3 Juni tahun 1912 atau bertepatan dengan dibukanya Jalur Kereta Api Cikampek-Cirebon sepanjang 137 km.
 
Stasiun Cirebon dirancang oleh arsitek Belanda Pieter Adriaan Jacoobus Moojen dengan konsep arsitektur yang memadukan elemen-elemen Eropa, dengan adaptasi terhadap iklim di Indonesia.
 
Arsitektur bercorak Eropa itu terlihat pada pemakaian hiasan puncak atap, serta bentuk lengkungan dan simetris diaplikasikan dalam ornamen dinding eksterior stasiun tersebut.

Baca juga: Menhub setujui reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Baca juga: Menhub tekankan kolaborasi demi keselamatan di perlintasan sebidang

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024