Addis Ababa (ANTARA News) - Nigeria menyusul ketertinggalannya dan bahkan memetik kemenangan 2-1 pada menit akhir, saat berhadapan dengan Ethiopia dalam pertandingan pertemuan (leg) pertama babak playoff Piala Dunia 2014 zona Afrika pada Minggu waktu setempat atau Senin WIB.

Dua gol dari Emmanuel Emenike membantu mereka mengambil langkah besar menuju putaran final tahun depan di Brazil.

Satu tendangan penalti pada menit ke-90, setelah satu momen dari kecerobohan pemain bertahan, memberi Nigeria kemenangan tandang di Addis Ababa dan mereka harus mempertahankan kemenangan itu untuk lolos ke Brazil pada laga leg kedua di kandang mereka di Calabar pada 16 November.

Emenike ditarik oleh bek Aynalem Hailu saat dia berada di sisi gawang pada menit akhir dalam suatu aksi pelanggaran yang jelas dan mendapat ganjaran tendangan penalti sbagai akibatnya yang dilakukannya dengan mudah.

Sebelum gol penalti tersebut, Emenike melakukan tembakan cepat dan akurat membobol gawang Ethiopia pada menit 67 dari luar kotak penalti untuk menyamakan kedudukan setelah tim tuan rumah unggul terlebih dahulu pada menit 56 atas gol Behailu Asefa berkat keputusan yang aneh dari hakim garis.

Satu umpan yang salah dari pemain sayap kiri Asefa menyimpang ke arah gawang Nigeria goal dan mengejutkan kiper Vincent Enyeama --yang tidak menyadarinya, sehingga memaksanya untuk tetap menangkap bola itu dalam kondisi yang berbahaya karena sudah dekat dengan garis gawang.

Hakim garis asal Kamerun, Yanoussa Moussa, yang pandangannya terhalang oleh punggung Enyeama, segera menandai bahwa itu sebuah gol sehingga membingungkan tim tamu namun membuat senang para penonton tuan rumah.

Hal serupa juga terjadi pada babak pertama, ketika tembakan Saladin Seid dihadang oleh bek tengah Nigeria Godfrey Oboabona saat bola terlihat seperti sudah melewati garis gawang.

Tayang televisi tidak bisa membuktikan apa pun dan tanpa teknologi garis-gawang, para pejabat mengijinkan pertandingan untuk dilanjutkan.

Setelah menang dalam laga itu, Nigeria tidak diragukan lagi menjadi tim favorit untuk lolos kualifikasi kelima kalinya ke Piala Dunia, sehingga mengakhiri mimpi Ethiopia untuk maju ke kompetisi bergengsi sepak bola dunia itu, demikian Reuters.
(A016/C003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013