Lagos (ANTARA News) - Penghargaan Film Nollywood (NMA) 2013 ditutup di Intercontinental Hotel, Lagos, Minggu pagi, dengan Rita Dominic menyabet gelar Aktris Terbaik dan OC Ukeje sebagai Aktor Terbaik.

"Saya selalu merasa sangat senang untuk mendapatkan hadiah, untuk mengalami berbagai kehidupan masyarakat melalui karya seni yang fantastis," kata Dominic berdiri di atas panggung sambil memegang piala.

Dominic memenangkan trofi untuk penampilannya dalam film yang dibintanginya berjudul "The Meeting".

Film, yang mendapat 11 nominasi itu, akhirnya menyapu penghargaan tertinggi Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik dan Make-up Terbaik.

Meskipun banyak nominasi untuk Hoodrush yang menjadikan Ukeje tampil sebagai Aktor Terbaik untuk perannya sebagai aktor utama dalam film "Phone Swap" menyapu bersih beberapa penghargaan termasuk Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik dan Top Box Office Movie Award.

Nollywood, demikian Nigeria menjuluki industri film dalam negerinya, menjadi lebih terkenal secara global dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak tahun 1960-an, Nollywood tumbuh dengan cepat sehingga pada tahun 1990-an dan 2000-an menjadi industri film terbesar kedua di dunia dalam jumlah produksi film tahunan, menempatkannya di depan Amerika Serikat dan di belakang film India.

Statistik menunjukkan bahwa dengan lebih dari 1.500 film yang diproduksi setiap tahun, produksi tahunan industri Nollywood telah melampaui 500 juta dolar AS. Dan NMA telah menjadi salah satu pertemuan akbar di sektor perfilman di Afrika.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013