Beijing, (ANTARA/PRNewswire) - Shan Zenghai, seorang utusan di Kongres Rakyat Nasional (NPC) Ke-14, serta sosok insinyur yang berprestasi di tingkat nasional, mengikuti Sidang Dua Sesi tahun ini dengan penuh persiapan. Acara ini adalah rapat tahunan bagi anggota legislator di China, serta badan konsultasi politik tertinggi di negara tersebut.

Dia membawa sebuah foto yang menunjukkan all-terrain crane dengan tonase terbesar di dunia yang dikembangkan Xuzhou Construction Machinery Group. Di perusahaan ini, Shan, utusan Provinsi Jiangsu, China Timur, bekerja sebagai kepala insinyur.

Semangat inovasi mendorong Shan membuat berbagai terobosan sepanjang tahun lalu. Dia sukses menghasilkan 46 komponen yang dikembangkan secara independen, serta menggarap lebih dari 10 proyek penting.

Menurut Shan, semangat ini terinspirasi dari Presiden China Xi Jinping sebagai sosok yang menekankan peran penting inovasi teknologi dalam pembangunan bermutu tinggi di China. Hal ini disampaikan Xi dalam sesi pembahasan di Sidang Dua Sesi tahun lalu.

Mengembangkan kekuatan produktif baru yang bermutu menurut kondisi lokal

Mempertegas tugas utama dalam pembangunan bermutu tinggi dalam sesi pembahasan bersama legislator lain dari Jiangsu, Selasa lalu, Xi, juga menjabat Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China, serta Ketua Komisi Militer Pusat, mendorong berbagai langkah untuk mengembangkan kekuatan produktif baru yang bermutu menurut kondisi lokal, dan menyediakan insentif yang lebih besar untuk mempromosikan inovasi.

Sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi China, Jiangsu kini memimpin modernisasi di negara ini. Pada 2023, PDB Jiangsu mencapai RMB 12,82 triliun ($1,78 triliun), naik sebesar 5,8% dari nilai PDB tahun sebelumnya.

Xi mendorong agar provinsi ini semakin giat mengembangkan sejumlah klaster industri baru dan strategis yang berdaya saing internasional, serta menjadi provinsi penting yang mengembangkan kekuatan produktif baru yang bermutu tinggi dan mengutamakan inovasi sains.

Xi juga mengajak provinsi ini agar berkontribusi lebih besar lagi dalam pembangunan terintegrasi Yangtze River Economic Belt dan Yangtze River Delta.

Memperluas reformasi sebagai cikal bakal pembangunan bermutu tinggi

Dalam sesi pembahasan berkelompok, Xi mencatat, langkah-langkah penting harus direncanakan untuk memperluas reformasi, serta menghasilkan cikal bakal pembangunan bermutu tinggi dan modernisasi China. 

China ingin mencapai tingkat pertumbuhan PDB sekitar 5% pada 2024, sebuah target yang ditetapkan setelah ekonomi China berjalan dengan baik dan berdaya tahan pada 2023 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 5,2%, menurut laporan kerja pemerintah yang dikirimkan kepada badan legislasi nasional, Selasa lalu.

Laporan kerja pemerintah ini juga memuat sejumlah kendala dan tantangan dalam pencapaian target tersebut, serta menekankan sejumlah langkah untuk mempertahankan fokus kebijakan, bekerja keras, serta mengerahkan daya upaya pada seluruh aspek.

Xi mendorong langkah untuk mereformasi sains dan teknologi, pendidikan, dan SDM guna mengatasi tantangan, serta mengembangkan kekuatan produktif baru yang bermutu. Di sisi lain, Xi juga mengemukakan dukungan untuk ekonomi swasta dan perusahaan swasta, serta langkah untuk mengurangi beban pada tingkat akar rumput. Tujuannya, merangsang inovasi Partai dan seluruh masyarakat.


SOURCE CGTN

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024