Jakarta (ANTARA) - Harry Kane mencetak trigol sekaligus menyamai rekor yang telah terukir selama 60 tahun, saat Bayern Munich menang 8-1 atas Mainz 05 di Allianz Arena, Munich, Sabtu.

Penyerang Inggris yang juga menyumbang dua assist dalam pertandingan tersebut, menyamai rekor milik Uwe Seeler yakni torehan 30 gol pada musim pertama di klub Liga Jerman. Pada musim 1963/1964, Seeler mengemas 30 gol untuk Hamburg.

Dengan sembilan pertandingan tersisa untuk mematahkan rekor, Kane juga semakin mendekati catatan 41 gol dalam semusim yang diukir pendahulunya di Bayern, Robert Lewandowski, pada musim 2020/2021.

Bayern yang kini mengoleksi 57 poin di peringkat kedua, kini tertinggal tujuh poin atas pemuncak klasemen Bayer Leverkusen, yang akan menjamu Wolfsburg pada Minggu.

“Ini merupakan kemenangan meyakinkan. Jenis kemenangan yang hilang dari kami pada musim ini,” kata gelandang Bayern Leon Goretzka seperti dikutip AFP.

“Sudah menjadi tugas kami untuk memberikan semua yang kami miliki. Jika Leverkusen terguncang, kami harus berada di sana,”tambahnya.

Baca juga: Dua gol Harry Kane bantu Bayern Muenchen menang atas RB Leipzig

Bayern membuka keunggulan saat pertandingan baru berusia 13 menit, saat Kane dengan mudah mengonversi umpan Jamal Musiala menjadi gol.

Keunggulan tim Bavaria itu bertambah pada menit ke-19. Sundulan Kane dapat digagalkan, namun Goretzka berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola pantul.

Nadiem Amiri sempat memperkecil ketertinggalan Mainz melalui tendangan bebasnya pada menit ke-31. Tidak membutuhkan waktu terlalu lama, Kane merestorasi keunggulan dua gol Bayern pada menit ke-45+7, melalui keberhasilannya memaksimalkan operan Goretzka.​​​​​​​

Thomas Mueller menambahi gol keempat Bayern pada menit ke-47. Gol tersebut seolah membuka keran gol timnya, sebab Bayern semakin menggila di sisa waktu. Berturut-turut Musiala pada menit ke-61, Serge Gnabry pada menit ke-66, gol ketiga Kane pada menit ke-70, dan gol kedua Goretzka pada menit ke-92 membawa Bayern menang meyakinkan.

Bagi Mainz, kekalahan itu semakin membenamkan mereka di posisi ke-17 di klasemen sementara dengan 16 poin. Mereka tertinggal sembilan poin dari zona aman.

Di tempat lain, RB Leipzig menang 2-0 atas tamunya Darmstadt untuk menggeser Borussia Dortmund di peringkat keempat.

Leipzig bangkit dari kekecewaan setelah didepak Real Madrid dari Liga Champions pada Rabu (6/30 lalu, dan membuka keunggulan atas Darmstadt melalui gol bunuh diri Thomas Isherwood pada menit ketiga.

Pasukan Marco Rose menggandakan keunggulan melalui gol Cristoph Baumgartner pada awal babak kedua. Kemenangan itu membuat mereka unggul dua poin atas Dortmund, yang baru akan menantang Werder Bremen pada Sabtu malam.

Baca juga: Rose sebut kemenangan atas Monchengladbach tambah kepercayaan diri

Tim peringkat ke-16 Koln bermain imbang 3-3 di markas Borussia Moenchengladbach, setelah sempat unggul dua kali.​​​​​​​

Koln memimpin sampai menit ke-60, namun kemudian dipaksa bangkit pada fase akhir laga ketika Robin Hack mencetak dua gol dalam rentang waktu tiga menit untuk membawa tuan rumah berbalik unggul.​​​​​​​

Damion Downs menyamakan kedudukan saat pertandingan tinggal menyisakan 11 menit, namun Koln hanya meraih hasil imbang dan tertahan di posisi ke-16, dengan tertinggal tujuh poin dari zona aman.​​​​​​​

Jeffrey Gouweleeuw mencetak gol semata wayang saat Augsburg menang 1-0 atas Heidenheim, untuk naik ke posisi kedelapan. Augsburg juga tidak tertinggal jauh dari zona Eropa.

Baca juga: Bayern Muenchen hanya mampu bermain imbang 1-1 saat jamu Koln

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024