Jakarta (ANTARA) - Para rookie atau pemain pemula mencuri perhatian ketika Dewa United Banten Basketball mengalahkan Satya Wacana Salatiga 126-85 dalam laga IBL 2024 di Dewa United Arena Tangerang Banten, Minggu malam tadi.

Pada kemenangan kedelapan secara beruntun ini, rookie Dewa United Radhityo mencuri perhatian.

Pebasket asal DKI Jakarta itu untuk pertama kalinya masuk starting five bersama Jordan Adams, Tavario Miller, Kaleb Ramot Gemilang, dan Lester Prosper.

Kepercayaan dari Kepala Pelatih Pablo Favarel tidak disia-siakan Radhit yang membawa Dewa unggul 36-17 pada kuarter pertama.

Penampilan Anak Dewa terus meningkat bersama Radhit yang masih dimainkan saat pemain lain dirotasi, dan menutup babak pertama dengan keunggulan 70-39.

Baca juga: Borneo Hornbills raih kemenangan perdana setelah tujuh kekalahan

Dewa United tak mengendurkan permainan dan Radhit masih diberikan kesempatan bermain di lapangan bersama dua point guard lainnya, Gelvis Solano dan Hardianus Lakudu.

Sayang, usai mencetak poin lewat layup, Radhit mengalami keram pada betis kanannya sehingga harus ditarik keluar lapangan setelah bermain terus selama 28,20 menit dengan mencetak double-double 13 poin dan 12 assist.

Dewa United Banten pun menutup kuarter ketiga dengan keunggulan jauh 101-61 atas Satya Wacana, sebelum menutupnya dengan 126-85 pada kuarter keempat.

Jordan Adams kembali menjadi Player of the Game dengan mencetak 30 poin yang di antaranya terdapat 8 tripoin, 5 rebound dan 5 assist.

Sementara statistik yang dibuat Radhityo membuatnya mencetak rekor lain di IBL 2024 sebagai pencipta assist terbanyak dalam satu pertandingan yang dibuat oleh pemain rookie, yaitu 12 assist.

Baca juga: Prawira curi kemenangan di kandang Satria Muda

Dia juga mencetak rekor sebagai pemain rookie pertama yang mencetak double-double dalam IBL musim ini (13 poin, 12 assist), serta rekor rookie dengan menit bermain terlama dalam satu pertandingan di IBL musim ini (28,20 menit).

"Game yang baik dan berjalan bagus untuk Dewa, sesuai dengan instruksi yang diberikan Coach Pablo hari ini," ujar Radhityo usai pertandingan seperti dikutip dari laman resmi klub.

"Untuk penampilan pribadi saya tidak terlalu fokus, yang penting permainan tim dulu yang utama. Kalau dikasih kesempatan bermain tentu saya akan manfaatkan dengan baik, tapi tidak terlalu saya fokuskan ke diri sendiri, yang penting hasil akhir tim," tutup pemain yang baru berusia 18 tahun tersebut.

Kemenangan atas Satya Wacana membuat Dewa United Banten masih belum terkalahkan dan kini mengemas 16 poin pada puncak klasemen IBL 2024.

Baca juga: Johannis Winar sebut PJ tim dengan manajemen terbaik di IBL

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024