Jakarta (ANTARA) - Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Jepang melawan Korea Utara (Korut) akan dimainkan di Pyongyang pada akhir bulan ini sebagaimana dijadwalkan, demikian disampaikan Federasi Sepak bola Jepang (JFA) pada Senin.

  Pertandingan leg pertama playoff kualifikasi untuk Olimpiade Paris telah digeser dari ibukota Korut ke tempat netral di Arab Saudi pada bulan lalu.

  Langlah itu terjadi setelah JFA meminta para petinggi AFC untuk menggeser pertandingan tandang dari Pyongyang karena berbagai alasan, seperti minimnya transparansi dan penerbangan menuju ke sana.

  JFA mengatakan bahwa pihaknya telah diinformasikan bahwa pertandingan kategori putra pada 26 Maret, akan dimainkan di Stadion Kim Il Sung.


Baca juga: Indonesia petik poin perdana setelah imbangi Filipina 1-1 Kedua tim juga akan berhadapan di Stadion Nasional Tokyo pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 21 Maret mendatang.

  Jepang memenangi dua pertandingan kualfikasi mereka yang telah dimainkan sejauh ini, yakni melawan Myanmar dan Suriah.

  Korut kalah 0-1 dari Suriah di arena netral yang dimainkan di Arab Saudi, sebelum menghancurkan Myanmar 6-1 di Yangon.

  Pertandingan antara tim sepak bola putra Jepang dan Korut terakhir berlangsung pada Piala Asia Timur 2017 silam di Tokyo. Pada laga tersebut, Jepang menang dengan skor 1-0.

  Pertemuan terakhir kedua tim di Pyongyang terjadi pada November 2011, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2014.

  Pada pertandingan tersebut, Korut menang 1-0 di Stadion Kim Il Sung, meski Jepang kemudian berhasil lolos untuk turnamen di Brazil tersebut, sedangkan Korut gagal.


Baca juga: Tiket presale untuk laga Indonesia vs Vietnam sudah terjual habis

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024