Ke depannya PLN EPI akan melakukan lebih banyak inovasi dan berbagai transformasi lainnya
Jakarta (ANTARA) - PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) meraih posisi pertama untuk penghargaan Media Relations Management di ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.

PLN EPI merupakan satu-satunya Subholding BUMN yang mendapatkan penghargaan komunikasi di ajang BCOMSS 2024 kategori Media Relations Management dengan pertimbangan aspek penilaian berdasarkan pada ide, strategi, implementasi, dan efektifitas program-program yang sudah dijalankan.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara dalam keterangan di Jakarta, Senin, menyampaikan kebanggaan dan rasa terima kasih atas penghargaan yang diperoleh PLN EPI sebagai Juara 1 Media Relations Management di BCOMSS 2024.

“Saya merasa bangga bahwa kerja keras tim komunikasi dan biomassa PLN EPI tidak sia-sia. Buah dari transformasi, kami akan terus melakukan pengembangan dan inovasi sehingga PLN EPI menjadi entitas yang berdaya saing global dan membanggakan Indonesia,” ujar Iwan.

Mengingat penghargaan yang diperoleh PLN EPI selaku subholding dari PLN, Iwan mengatakan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari peran Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam mengarahkan PLN EPI pada transformasi sektor komunikasi. Melalui transformasi perusahaan akan menjadi jembatan informasi publik.

“Terima kasih juga kepada Dirut kami Darmawan Prasodjo yang telah membantu, mengarahkan kami dalam menjalankan transformasi secara terus menerus. Ke depannya PLN EPI akan melakukan lebih banyak inovasi dan berbagai transformasi lainnya,” tutur Iwan.

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan dalam sambutannya bahwa ajang BCOMSS ini dapat mendorong semua perusahaan BUMN dalam keterbukaan dan keberlanjutan. Hal tersebut mengingat tantangan di masa depan yang membutuhkan transformasi seluruh perusahaan BUMN.

“Ini merupakan bagian yang akan kami terus dorong dengan keterbukaan informasi sebagaimana bagian dari tata kelola perusahaan yang baik,” ucap Erik saat pemberian penghargaan BCOMSS 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (7/3/2024) malam

Erik juga menambahkan bahwa peningkatan keterbukaan informasi BUMN pada 2024 naik 2.500 kali lipat dibanding pada tahun 2019 saat ia menjabat dengan satu BUMN saja yang memiliki status informatif dengan baik. Capaian prestasi yang diperoleh perusahaan-perusahaan BUMN saat ini harus menjadi pemacu untuk menciptakan terobosan-terobosan demi kemajuan.

“Transformasi BUMN juga harus kita dorong, kita tidak bisa berpuas diri hari ini, apakah misalnya dividen tahun ini yang terbesar sepanjang sejarah yaitu Rp81,4 Triliun cukup? Tidak, Negara membutuhkan lebih,” ucap Erik.

Dalam BCOMSS 2024, PLN EPI menyampaikan, program komunikasi berjudul Sinema (Sinergi Media dan Biomassa). Karya tersebut menunjukkan peran PLN EPI dalam mengampanyekan Biomassa berkontribusi terhadap Ekonomi Kerakyatan dan Biomassa transisi menuju energi masa depan berkelanjutan.

PLN EPI melakukan kampanye terkait biomassa secara masif dan kontinyu melalui berbagai saluran, seperti pemberitaan di media, sosial media, website PLN EPI dengan format pelibatan media melalui liputan, press briefing, media gathering, siaran pers, dan PLN Journalist Awards.

Dengan gencarnya kampanye terkait biomassa yang dilakukan, PLN EPI dinilai turut mendukung pencapaian Net Zero Emission (NZE) 2060 dan membantu pemerintah daerah dalam menuntaskan sampah perkotaan melalui bahan bakar jumputan padat (BBJP), serta meningkatkan ekonomi kerakyatan warga melalui pengelolaan limbah pertanian dan perkebunan seperti limbah kayu, limbah jagung, limbah aren, dan lain-lain menjadi biomassa.

Dalam ajang ini, PLN Group memborong 12 penghargaan dan dinobatkan menjadi Best of the Best Communication.

Baca juga: Tahun ini PLN EPI pasok kebutuhan biomassa di 47 PLTU
Baca juga: PLN EPI tetapkan lima langkah strategis jamin pasokan energi primer

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024