Gunakan Pojok Uji Keamanan Pangan untuk memastikan pangan yang dibeli dalam kondisi layak konsumsi dan tak ada kandungan zat berbahaya
Kota Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Banten, mengimbau masyarakat memanfaatkan Pojok Uji Keamanan Pangan yang berada di pasar tradisional maupun modern guna memastikan pangan yang dibeli tidak mengandung zat berbahaya.

"Gunakan Pojok Uji Keamanan Pangan untuk memastikan pangan yang dibeli dalam kondisi layak konsumsi dan tak ada kandungan zat berbahaya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Selasa.

Tak hanya bagi masyarakat sebagai pembeli tetapi pedagang selaku penjual pun bisa menggunakan layanan tersebut sehingga pangan yang dijual dalam kondisi terjamin keamanannya.

DKP Kota Tangerang, lanjut Muhdorun, pada 4-6 Maret 2024 telah melakukan pengujian 206 sampel produk pangan, pertanian, peternakan, perikanan dan pangan olahan di sejumlah pasar tradisional.

Hasilnya, DKP Kota Tangerang mendapatkan 94,17 persen produk pangan yang telah diuji dinyatakan aman atau tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Baca juga: Usaha hiburan Tangerang diminta tutup selama 2 hari sebelum Ramadhan

Baca juga: Pemkot Tangerang-Kementerian PUPR luncurkan rusun bagi MBR


"Kami tetap mengimbau masyarakat selaku konsumen untuk terus meningkatkan kewaspadaan sebelum membeli produk pangan,” kata dia.

Sementara itu Pojok Uji Keamanan Pangan merupakan layanan inovatif yang dihadirkan untuk memberikan jaminan kualitas pangan di Kota Tangerang.

Lanjutnya, Pojok Uji Keamanan Pangan Segar bisa diakses secara langsung di 21 titik lokasi yang telah ditentukan, meliputi pasar tradisional dan supermarket di antaranya Pasar Anyar, Pasar Malabar, Pasar Ramadani, Pasar Laris Cibodas, Pasar Cibodas, Pasar Jatake, Pasar Poris Indah.

Selain itu Pasar Gerendeng, Pasar Bandeng, Pasar Bengkok, Pasar Baru Ciledug, Pasar Saraswati, Pasar Duta Garden, Pasar Kebon Besar Batuceper, Fresh Market Green Lake City, Sabar Subur Tangerang, Lion Superindo Gondrong, Lulu Hypermart Cibodas, GS The Fresh Supermarket Cipondoh, Modern Town Market dan Modern Banjar Wijaya.

Masyarakat yang selesai berbelanja di lokasi-lokasi yang tertera dapat memanfaatkan layanan ini dengan langsung mengunjungi pojok uji yang telah disediakan.

“Caranya cukup sederhana, langsung saja bawa sampel pangan yang ingin diuji ke lokasi atau pojok uji yang telah disediakan. Tidak hanya itu, hasil dari pengujian ini juga bisa dilihat secara langsung saat itu juga,” kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang luncurkan Calendar of Events 2024

Baca juga: Pemkot Tangsel beri keringanan denda PBB

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024