Shenzhen (ANTARA) - China telah merampungkan pembangunan struktur jaket laut dalam (deepwater jacket) yang memecahkan rekor di Provinsi Guangdong, China selatan, demikian dikemukakan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) pada Selasa (12/3).

Jaket Haiji-2 sepanjang 338,5 meter itu akan beroperasi pada kedalaman rata-rata 324 meter dan memiliki bobot 37.000 ton, memecahkan rekor Asia untuk tinggi, berat, kedalaman operasional, dan kecepatan konstruksi struktur tersebut.

Jaket merupakan konstruksi yang ditempelkan di dasar laut, berfungsi sebagai fondasi untuk fasilitas produksi minyak dan gas lepas pantai.

Haiji-2 menggunakan sebuah pelat baja berkekuatan sangat tinggi hingga 420 megapascal yang baru dikembangkan dan dianggap sebagai desain ringan dan inovatif serta hemat biaya untuk platform laut skala besar, ungkap Fu Dianfu dari institut penelitian CNOOC.

Jaket itu juga menunjukkan kemampuan China membangun jaket permanen laut dalam yang sangat besar di kedalaman lebih dari 300 meter, ungkap Wang Huoping, seorang insinyur di cabang Shenzhen perusahaan itu.

Haiji-2 diperkirakan akan segera dipasang di sebuah ladang minyak di wilayah Cekungan Muara Sungai Mutiara (Pearl River Mouth Basin).
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024