Jumlah letusan teramati nihil sejak Sabtu (9/3) hingga hari ini
Bukittinggi,- (ANTARA) -
Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) mencatat tidak terjadi letusan atau erupsi Gunung Marapi dalam lima hari terakhir dan aktivitas menurun selama awal Ramadhan 1445 Hijriah/2024.
 
"Jumlah letusan teramati nihil sejak Sabtu (9/3) hingga hari ini. Hembusan abu vulkanik juga turun drastis bertepatan di momen jelang dan awal Ramadhan," kata Kepala PGA Marapi di Bukittinggi Ahmad Rifandi di Bukittinggi, Rabu.
 
Ia menyebutkan pada lima hari terakhir jumlah hembusan dari Kawah Verbeek Gunung Marapi hanya tercatat sebanyak 15 kali.
 
"Angka ini sangat jauh berkurang dibanding awal Maret yang dalam satu hari saja Gunung Marapi mencapai 240 kali hembusan atau 13 kali letusan," kata dia.

Baca juga: PVMBG: Gas beracun di kawah Gunung Marapi cenderung menurun
 
Selama Maret 2024 ini, lanjutnya, jumlah letusan yang terdata oleh PGA mencapai angka 58 disertai hembusan 856 kali.
 
Jumlah itu membuat total letusan Gunung Marapi menjadi 259 dan 2.824 hembusan sejak erupsi utama pada 3 Desember 2023.
 
"Untuk kondisi terkini, cuaca terpantau berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur dan tenggara dengan suhu udara 19,7 hingga 25,4 derajat Celsius," kata Ahmad Rifandi.

Baca juga: Gempa hembusan meningkat 1,5 kali lipat di Gunung Marapi
 
Secara visual, lanjutnya, Gunung Marapi juga terlihat jelas hingga asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 200 meter di atas puncak.
 
Gunung Marapi saat ini masih berada di Level III (Siaga) dengan rekomendasi utama masyarakat tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).
 
"Semoga Gunung Marapi kembali normal, masyarakat tenang beraktivitas dan beribadah pada Ramadhan," harap seorang warga di Agam Nengsih (35).

Baca juga: PVMBG catat enam letusan beruntun Gunung Marapi

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024