Jakarta (ANTARA) - Menjaga lingkungan kini dapat dilakukan dengan aktivitas baru, yakni mengumpulkan sampah kemasan pasca konsumsi dari Hoka-Hoka Bento (HokBen), termasuk di dalamnya kemasan teh Sosro.

Aktivitas ini merupakan program kampanye Gerakan DAURI (Daur Untuk Negeri) kolaborasi antara PT Sinar Sosro dengan HokBen dan Tetra Pak yang secara resmi mulai diberlakukan, Rabu. Masyarakat yang berpartisipasi juga bisa memperoleh cenderamata dari mengumpulkan poin. 

Caranya cukup mudah, kumpulkan sampah kemasan HokBen mulai dari minuman, makanan, hingga alat makan yang telah digunakan. Setorkan sampah tersebut ke gerai HokBen yang memiliki dropbox khusus pengelolaan sampah dari program DAURI.

Baca juga: Menteri LHK dorong ekonomi sirkular tangani sampah belum terkelola

Dropbox Gerakan DAURI di HokBen Mampang, Jakarta, Rabu (13/3/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)
Baca juga: Astra International, Nestle, dan Decathlon bermitra dengan Rekosistem

“Mulai hari in Gerakan DAURI akan dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar Nasional, melalui kolaborasi ini kami mengajak konsumen berpartisipasi menyetor kembali kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai untuk kemudian akan kami daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat,” ujar Direktur Marketing PT Eka Bogainti (HokBen) Sugiri Willim.

Sampah yang dikumpulkan akan didaur ulang menjadi cenderamata seperti notebook, hingga holder untuk smartphone.

Pelanggan yang membeli paket atau menu HokBen take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan, dan mengumpulkan poin untuk mendapat cenderamata tersebut, hingga paket menu HokBen.

Baca juga: KLHK: Produsen wajib kurangi sampah plastik dari kemasan

Cenderamata hasil daur ulang kemasan HokBen melalui Gerakan DAURI di HokBen Mampang, Jakarta, Rabu (13/3/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)
“Indonesia telah menghasilkan 18 juta ton sampah dan 19 persen di antaranya adalah sampah plastik. Gerakan ini salah satu langkah kecil kami untuk menanggapi tantangan lingkungan tersebut, dengan mengajak konsumen meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan,” kata Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti.

Baca juga: Produsen AMDK dukung ekonomi sirkular guna atasi masalah sampah

Baca juga: Toyota ubah sampah jadi listrik, daur ulang baterai jadi lebih bersih


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024