Pasang rob terjadi sejak kemarin siang dan puncaknya tadi malam
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Banjir rob melanda kawasan pesisir selatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur sehingga menyebabkan sejumlah kios dan warung di area wisata pantai tergenang.

Fenomena rob yang dipicu gelombang air pasang dan angin kencang di kawasan pesisir itu terjadi mulai Selasa (12/3) pagi yang berlanjut hingga Rabu pagi.

Tidak ada laporan korban jiwa, luka ataupun kerusakan berat akibat kejadian tersebut.

Namun genangan air yang masuk daratan menyebabkan sampah berserak dan sebagian bangunan kios/warung porak-poranda.

"Yang lebih banyak malah sampah yang terbawa ke daratan itu," kata Staf Pusdalops BPBD Trenggalek Adi Muji Prasetyo di Trenggalek.

Baca juga: Banjir rob landa pantai selatan Tulungagung hingga Pacitan

Puncak rob dilaporkan terjadi Rabu dini hari sekitar pukul 01:00 WIB.

"Pasang rob terjadi sejak kemarin siang dan puncaknya tadi malam," katanya.

Diinformasikan, rob melanda hampir semua kawasan pesisir daerah itu, mulai dari pesisir selatan Kecamatan Panggil, Munjungan, hingga Teluk Prigi.

Rob juga terjadi di pesisir selatan Kabupaten Pacitan yang ada di sebelah barat Trenggalek, maupun di kawasan pesisir Kabupaten Tulungagung dan Blitar.

Saat ini air laut sudah mulai surut sehingga warga sudah mulai beraktivitas, di antaranya adalah gotong royong membersihkan sampah yang terbawa ke daratan hingga membenahi warung.

Meskipun air sudah mulai surut, warga pesisir diimbau untuk selalu waspada apabila terjadi gelombang susulan ombak yang lebih besar.

Potensi itu tidak menutup kemungkinan terjadi seiring potensi cuaca ekstrem sehingga mengakibatkan banjir rob yang terjadi saban tahun.

"Kejadian banjir laut di pesisir Pantai Konang ini merupakan kejadian tahunan. Terjadi setiap tahun antara Maret atau Mei," katanya.

Baca juga: BPBD: Waspadai gelombang dan rob di pantai selatan Garut hingga besok
Baca juga: Seratusan warga Palabuhanratu terdampak bencana banjir rob

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024