Semua sarpras pengolahan sampah telah terdistribusi
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Selatan telah menyerahkan sarana dan prasarana (sapras) untuk mengelola sampah bagi 576 rukun warga (RW) dengan anggaran kurang lebih mencapai Rp4 miliar.

"Semua sarpras pengolahan sampah telah terdistribusi," kata Kepala Suku Dinas LH Jakarta Selatan Mohamad Amin di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, total RW di Jakarta Selatan mencapai 579, sedangkan yang menerima hibah sarpras pengolahan sampah sebanyak 576 RW karena ada RW yang di lingkungan apartemen dan mereka tidak mau menerima.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan terdiri dari sembilan item berupa gerobak, timbangan gantung, timbangan duduk, ember, tong komposter, tong sampah, karung, tong "dust bin" dan cairan untuk fermentasi sampah/kompos EM4, dengan total anggaran kurang lebih Rp4 miliar.

Baca juga: Sudin LH Jaksel minta warga minimalkan penggunaan kantong plastik

"Kami serahkan semua sarpras itu melalui Satuan Pelaksana LH kecamatan untuk selanjutnya diserahkan langsung kepada perwakilan RW di tiap kelurahan," katanya.

Amin menjelaskan, bantuan tersebut bertujuan membantu pengelolaan sampah sejak dini mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.

"Pemilahan dan pengelolaan sampah sejak dini akan sangat membantu mengurangi sampah yang dibuang ke TPST Bantargebang yang sudah semakin penuh," ujarnya.

Amin menambahkan bahwa, para Kasatpel juga sudah diinstruksikan untuk terus memonitor pengelolaan sampah dan mengerahkan anggota penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) dalam melakukan pengawasan sampah di setiap RW.

Baca juga: Pemprov DKI ajak pemangku kepentingan kelola sampah di Jakarta

"Saya berharap warga secara sadar dan mandiri untuk membiasakan diri memilah, mengolah atau memanfaatkan sampah rumah tangga sendiri," katanya. 

Sebelumnya, data Sudin LH Jaksel menyebutkan bahwa produksi sampah rumah tangga di 10 kecamatan daerah itu per hari mencapai 1.559 ton.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024