Jakarta (ANTARA News) - Apple telah mengkonfirmasi akan mengadakan acara peluncuran pada 22 Oktober, dan sejumlah pakar meyakini Apple akan meluncurkan iPad mini dan iPad 5.

Undangan yang berjudul "We still have a lot to cover" telah disebarkan kepada wartawan. Tampilan undangan tersebut berupa gambar sejumlah daun berwarna-warni dan logo Apple sebagai latar belakangnya.

Peluncuran ini hampir satu tahun setelah CEO Apple Tim Cook merilis generasi pertama iPad mini.

Biasanya Apple meluncurkan produk pada Selasa dan tersedia untuk pra-pemesanan pada Jumat sebelum menjualnya seminggu kemudian yakni 1 November.

Beberapa foto bocoran menunjukkan bagaimana bentuk tablet ini, termasuk pilihan "casing" berwarna-warni.

iPad mini 2 ini sepertinya akan tetap berlayar 7.9 inchi, seperti dilansir laman DailyMail.

Jika Apple menyematkan layar Retina seperti pada iPhone terbaru dan iPad, maka kemungkinan iPad mini akan menjadi lebih berat dan tebal.

Menurut situs Apple, 9to5Mac.com, iPad 5 dirumorkan tetap menggunakan layar 9.7 inci, kamera yang mungkin ditingkatkan menjadi 12 megapiksel.

Berdasarkan foto bocoran dari tactustechnology.com, iPad 5 hadir dengan model yang lebih tipis dari produk-produk sebelumnya.

Harga iPad mini diharapkan mulai dari 269 poundsterling (sekitar Rp 4,9 juta) untuk model 16 GB, 349 poundsterling (sekitar Rp 6,3 juta) untuk 32 GB dan 429 poundsterling (sekitar Rp 7,8 juta) untuk 64 GB.

Sementara harga iPad 5 berkisar 399 poundsterling (sekitar Rp 7,2 juta) untuk model 16 GB, 479 poundsterling (sekitar Rp 8,7 juta) untuk 32 GB dan 559 poundsterling (sekitar Rp 10,1 juta) untuk 64 GB.

Pada acara peluncuran tersebut, Apple juga akan meluncurkan komputer Mac terbaru termasuk Macbook Pro dan Mac mini, demikian DailyMail.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013