Jakarta (ANTARA) - Dokter estetika dan edukator kecantikan dr. Abelina D. Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS meminta ibu hamil menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang bisa membahayakan kesehatan diri maupun janin.

"Jadi, penekanannya lebih ke mempengaruhi janin yang masih berkembang. Itu misalnya kayak retinoid yang diminum, itu bisa menghambat pertumbuhan (janin)," katanya dalam acara temu media di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bahwa produk yang mengandung hydroquinone​​​​​​, yang biasanya ada pada produk pemutih kulit,juga tidak boleh digunakan oleh ibu hamil, tetapi bisa digunakan oleh orang dewasa dengan pengawasan dari dokter.

"Kandungan yang abu-abu itu retinol, glycolic acid, atau yang acid-acid itu masih abu-abu. Kalau to be save (untuk amannya) bagusnya enggak boleh, karena penelitiannya masih kurang banyak, jadi lebih baik jangan dipakai," katanya.

Baca juga: Retinol bisa dipakai siang hari asal ikuti aturannya
Baca juga: Cara terbaik gunakan serum hialuronat


Abelina menyarankan perempuan yang sedang hamil atau menyusui berkonsultasi dengan dokter dalam menggunakan produk-produk kecantikan.

"Kalau retinoid sama acid-acid itu dia kadang-kadang boleh, kadang-kadang enggak. Tergantung dokternya. Cuma kalau ibu menyusui boleh, kalau ibu hamil enggak boleh," katanya.

"Kalau soal skin care ibu menyusui lebih longgar dibanding ibu hamil, karena bayinya juga sudah keluar, jadi lebih susahlah buat sampai ke bayinya," Abelina menambahkan.

Dia mengatakan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung merkuri sudah pasti tidak boleh digunakan oleh semua orang, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui, karena bisa membahayakan kesehatan.

Baca juga: Kiat menghilangkan bekas luka membandel 
Baca juga: Panduan untuk memilih produk yang tepat sesuai kondisi kulit


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024