"Sama pak ketua langsung. Ketua Bawaslu RI (Rahmat Bagja),"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (13/3) menjadi sorotan, mulai dari seputar perkembangan rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh KPU RI sampai pembahasan beberapa rancangan peraturan perundang-undangan, seperti rancangan peraturan pemerintah untuk UU ASN sampai rancangan untuk UU Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita-berita politik yang menarik kembali dibaca:

Komisi II bahas RPP tentang ASN dengan KemenPANRB dan BKN

Komisi II DPR RI membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Membicarakan khusus Rancangan Peraturan Pemerintah sebagai amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

DPD RI sepakat dengan pemerintah gubernur DKJ dipilih langsung

Wakil Ketua Komite I DPD RI Sylviana Murni mengatakan bahwa DPD RI sepakat dengan sikap pemerintah terkait mekanisme penetapan gubernur dan wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) agar tetap dipilih langsung melalui pemilihan kepala daerah (pilkada) .

“DPD RI sepakat, sejalan, berpandangan bahwa metode pengisian jabatan gubernur harus tetap dipilih sebagaimana disampaikan oleh pemerintah yang secara langsung dipilih oleh rakyat melalui pilkada, sebagaimana sudah berlangsung sejak tahun 2005,” kata dalam Rapat Kerja Badan Legislasi DPR RI terkait RUU DKJ di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

KPU: Metode KSK PSU Kuala Lumpur sudah rampung

Anggota Komisi Pemilihan Umum RI August Mellaz mengatakan bahwa pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan metode kotak suara keliling atau KSK sudah selesai pada Rabu pagi.

August Mellaz mengungkapkan informasi itu didapatkan dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik yang kini berada di Kuala Lumpur.

Selengkapnya baca di sini.

Laporan kecurangan pemilu dari Agus Rahardjo diterima Ketua Bawaslu RI

Calon anggota legislatif DPD RI Daerah Pemilihan Jawa Timur Agus Rahardjo mengatakan bahwa laporannya soal dugaan kecurangan pemilu telah diterima Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

"Sama pak ketua langsung. Ketua Bawaslu RI (Rahmat Bagja)," kata Agus di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Mendagri berharap Jakarta seperti New York hingga Melbourne

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap Daerah Khusus Jakarta nantinya menjadi pusat perekonomian, seperti Kota New York di Amerika Serikat atau Kota Sydney dan Melbourne di Australia.

"Kita ingin juga agar Kota Jakarta menjadi salah satu pusat utama di bidang perekonomian, jasa, perbankan, dan lain-lain. Intinya adalah kira-kira sama seperti New York-nya Amerika atau Sydney, Melbourne-nya Australia," kata Tito dalam Rapat Kerja Badan Legislasi DPR RI bersama Pemerintah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024