Sentani (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) memberikan penerangan secara serempak ke 177 pelanggan di wilayah ini pada 14 Maret 2024.

Secara simbolis PLN UIWP2B menyalakan lampu di 177 pelanggan diantaranya Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Biak 8, UP3 Sorong 16, UP3 Manokwari 23, UP3 Merauke 13, UP3 Timika 6 , UP3 Nabire 13, UP3 Wamena 17, khusus di UP3 Jayapura 81 pelanggan yang difokuskan di Masjid Al Ma'Arif Kertosari, Sentani Barat pada Kamis (14/3) 2024.

Ganeral Manager (GM) PT PLN (Persero) UIWP2B Budiono di Sentani, Kamis mengatakan pemasangan listrik di Papua dan Papua Barat bisa terealisasi karena ada dukungan pemerintah daerah.

"Bantuan listrik ini merupakan program Light Up The Dream (Listrik untuk nyalakan mimpi) yang disisikan dari gaji karyawan PLN untuk dapat membantu masyarakat kurang mampu serta yang belum menikmati listrik," katanya.

Baca juga: PLN terus maksimalkan upaya listriki pulau terkecil di Tanah Papua

Menurut Budiono, total secara keseluruhan di wilayah Papua dan Papua Barat yang sudah terpasang listrik dari program Light Up The Dream sebanyak 1.996 pelanggan.

"Hari ini (Kamis) di momen bulan suci Ramadan terdapat 177 pelanggan yang telah memasang listrik atas dukungan kami melalui program Light Up The Dream," ujarnya.

Dia menjelaskan 177 pelanggan yang terpasang aliran listrik pada Kamis (14/3) 2024 tersebar di wilayah Papua dan Papua Barat, dan 81 diantaranya berada di bawah UP3 Jayapura meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, dan Genyem dan Pegunungan Bintang.

"Untuk program ini bisa berjalan saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai (PLN UIWP2B) yang telah mendonasikan sebagian gajinya," katanya.

Baca juga: PLN sebut kelistrikan seluruh Tanah Papua didukung delapan subsistem

Dia menambahkan listrik yang telah terpasang ini semoga dapat membantu serta bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat khususnya di Jayapura.

"Apa yang sudah diberikan semata-mata hanya untuk membantu masyarakat memperoleh listrik dan memudahkan semua urusan serta membantu meningkatkan usahanya," ujarnya.

Penyalaan lampu secara simbolis dilalukan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay didampingi General Manager PT PLN (Persero) UIWP2B Budiono.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024