Saya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) untuk mendata rumah-rumah OAP yang butuh dukungan listrik, dan data itu diserahkan ke PLN
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengharapkan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) membantu rumah orang asli Papua (OAP) teraliri listrik.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay di Sentani, Kamis mengatakan rumah-rumah OAP di wilayah pinggiran masih banyak yang belum teraliri listrik sehingga menghambat perekonomian mereka.

“Saya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) untuk mendata rumah-rumah OAP yang butuh dukungan listrik, dan data itu diserahkan ke PLN,” katanya.

Menurut Delila, dengan adanya listrik maka masyarakat yang ada di wilayah pinggiran bisa memanfaatkan listrik itu dengan banyak hal seperti penerangan, usaha es batu dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya.

“Kalau kita mau orang Papua bisa bangkit, salah satunya melalui penyediaan listrik di kampung-kampung sehingga masyarakat bisa melakukan hal-hal baik lainnya untuk meningkatkan ekonomi mereka,” ujarnya.

Apalagi, katanya, PLN memiliki program Light Up The Dream (Listrik untuk nyalakan mimpi) maka masyarakat OAP yang tidak mampu bisa dibantu melalui program tersebut.

“Kami sebagai pemerintah daerah menyampaikan terima kasih atas uluran tangan pegawai PLN yang telah berdonasi dengan menyisikan gaji mereka membantu pemasangan listrik secara gratis ke rumah-rumah warga di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan Pemkab Jayapura sangat wolcome atau terbuka kepada PLN yang ingin membantu penerangan warga di 139 kampung dan lima kelurahan yang belum ada listrik.

PT PLN UIWP2B melalui program Light Up The Dream (Listrik untuk nyalakan mimpi) tepat pada Kamis (14/3) telah menyalakan lampu di 177 pelanggan di wilayah Papua dan Papua Barat tepatnya di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Biak 8 pelanggan, UP3 Sorong 16 pelanggan, UP3 Manokwari 23 pelanggan, UP3 Merauke 13 pelanggan, UP3 Mimika 6 pelanggan, UP3 Nabire 13 pelanggan, UP3 Wamena 17 pelanggan dan UP3 Jayapura 81 pelanggan.Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Genyem dan Pegunungan Bintang.

Baca juga: PLN beri penerangan ke 177 pelanggan Papua dan Papua Barat

Baca juga: Samdhana-Komunitas Noken Mamta tanam 100 pohon lestarikan alam

Baca juga: Pemkab Jayapura: Ekspor ikan meningkat setiap tahun capai 1.000 ton


Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024