Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) menetapkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden di provinsi Sulteng pada Pemilu 2024, dimana pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul jauh atas pasangan Anies-Muhaimin.

"Hari ini KPU Sulteng telah melaksanakan kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi dalam wilayah Sulawesi Tengah," kata Ketua KPU Sulteng Risvirenol di Palu, Kamis.

Dia mengemukakan berdasarkan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden dari setiap kabupaten/kota di Sulawesi Tengah telah selesai dilakukan penghitungan dan rekapitulasi.

"Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sulawesi Tengah pada Pemilu 2024 sebanyak 2.236.703 orang dengan pengguna hak pilih berjumlah 1.822.422 orang," ucapnya.

KPU Sulteng, kata Risvirenol, membacakan satu persatu rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi Sulawesi Tengah untuk setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024.

"Hasil perolehan setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden di Sulawesi Tengah masing-masing nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 386.743 suara, nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran 1.251.313 suara dan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD 160.594 suara," ujar Risvirenol.

Berdasarkan D hasil Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul diurutan pertama, disusul urutan kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan terakhir pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Baca juga: KPU: Tingkat partisipasi pemilih di Parigi Moutong capai 81 persen
Baca juga: Polres Touna kawal hasil rekapitulasi suara kabupaten ke KPU Sulteng

 

Pewarta: Moh Salam
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024