Beijing (ANTARA) - Tingkat miopia (rabun jauh) secara keseluruhan untuk anak-anak dan remaja China pada 2022 tercatat 51,9 persen, turun 0,7 poin persentase dari data pada 2021, menurut otoritas pengendalian penyakit negara tersebut.

Data pada 2022 itu mewakili penurunan 1,7 poin persentase dibandingkan data survei miopia nasional pada 2018, menurut data pemantauan yang dirilis oleh Administrasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China.

Data itu juga mengungkap bahwa di kalangan pelajar penderita miopia, proporsi miopia ringan, sedang, dan parah masing-masing tercatat di angka 53,3 persen, 37,0 persen, dan 9,7 persen.

Tingkat miopia secara keseluruhan untuk para pelajar sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) masing-masing tercatat di angka 36,7 persen, 71,4 persen, dan 81,2 persen.

Pihak administrasi mengatakan mereka akan terus memajukan upaya pencegahan dan pengendalian miopia, termasuk memperkuat pemantauan dan evaluasi miopia beserta faktor-faktor yang memengaruhinya, mendorong penggunaan teknologi yang sesuai untuk pencegahan miopia, serta meningkatkan pelatihan profesional.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024