Phillip Island, Australia (ANTARA News) - Juara dunia asal Spanyol Jorge Lorenzo melewati Marc Marquez untuk menjadi yang tercepat pada latihan pembuka Jumat ini menjelang MotoGP Australia di Phillip Island.

Lorenzo dari Yamaha mencatat waktu satu menit  29,167 detik, disusul pesaingnya Marquez dari  Honda yang terpatu 0,088 detik.

Marquez bisa merampas titel juara dunia pada debut kelas primernya jika mencetak selisih 50 poin, menjelang dua balapan terakhir di Jepang dan Spanyol.

Pebalap berusia 20 tahun dari Spanyol ini saat ini unggul 43 poin, menjelang laga hari Minggu di Australian, dan jika menang atau berarti mendapat 25 poin, dia akan dimahkotai juara, andai Lorenzo tak bisa finis pada urutan kedua.

Jika itu terjadi maka Marquez akan menjadi pendatang baru pertama yang menjadi juara dunia sejak pebalap AS Kenny Roberts melakukannya 1978.

Waktu tercepat ketiga dicetak pebalap Spanyol Alvaro Bautista dengan terpaut 0,644 detik, sedangkan rekan setim Marquez, Dani Pedrosa berada di tercepat keempat dengan terpaut 0,841 detik, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013