Banda Aceh (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh menyediakan sembako gratis untuk setiap warga masyarakat yang mendonorkan darah mereka selama Ramadhan 1445 Hijriah.

"Paket sembako diberikan sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kita kepada pendonor yang sudah mendonorkan darahnya di bulan Ramadhan," kata Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri, di Banda Aceh, Kamis.

Haeqal menyampaikan, setiap datangnya bulan suci Ramadhan program paket sembako untuk pendonor ini selalu disiapkkan dan terus berlanjut hingga tahun ini. Sembako tersebut merupakan donasi dari masyarakat.

Sembako tersebut terdiri atas berbagai jenis kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan lain sebagainya.

"Dipersiapkan hingga dua ribu lebih paket. Paket sembako juga diharapkan bisa menambah semangat dan antusiasme masyarakat Aceh untuk melakukan donor darah di bulan Ramadhan," ujarnya.

Dia menuturkan, selama Ramadhan PMI Banda Aceh juga bekerja sama dengan masjid dan pemilik warung kopi untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah.

Kegiatan dimulai usai shalat tarawih hingga pukul 23.00 WIB. Sementara pelayanan donor darah di Gedung UDD PMI Kota Banda Aceh dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

"Dari 1 sampai 15 Ramadhan kita fokus untuk selenggarakan donor darah di masjid, 15 terakhir Ramadhan baru lebih sering di warung kopi," katanya.

Jadwal kegiatan donor darah PMI Kota Banda Aceh selama Ramadhan bisa dilihat melalui aplikasi donorku dan akun Instagram @pmikotabandaaceh.

Dia berharap masyarakat Aceh, khususnya yang berada di Banda Aceh bisa menjadi pendonor rutin untuk membantu pasien di rumah sakit yang sedang membutuhkan darah.

"Karena selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga berdampak positif bagi kesehatan pendonor sendiri," demikian Haeqal.

Baca juga: DPR apresiasi peran aktif perempuan selenggarakan kegiatan donor darah

Baca juga: Basarnas Pangkalpinang gelar donor darah massal

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024