Ambon (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Ambon menyediakan sebanyak 2.120 kuota untuk mudik gratis rute Ambon-Namlea bagi masyarakat.

“Rencana mudik gratis akan dilakukan oleh Kapal Cantika Lestari 8F dan Cantika Lestari 6E yang operatornya di Dharma Indah,” Kabid Lala KSOP kelas I Ambon Iyan Ashari, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, tanggal keberangkatannya untuk rute Ambon-Namlea akan dilaksanakan pada 5 April sampai dengan 8 April 2024. Sementara arus balik rute Namlea-Ambon dilakukan pada 12 April dan 13 April 2024.

“Itu rencana mudik gratis yang akan dilakukan oleh program pemerintah yang akan dilaksanakan Dharma Indah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk persyaratan mengikuti mudik gratis ini, calon penumpang hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan melakukan pendaftaran secara daring.

“Tidak akan ada biaya apa pun, karena ini memang program mudik gratis yang diberikan kepada masyarakat,” katanya menerangkan.

Ia menambahkan, sebelum tanggal 5 April 2024, KSOP akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan pembukaan pendaftaran mudik gratis yang nanti akan kembali diinformasikan kepada masyarakat.

Tentunya, kata Iyan, keputusan ini diambil sebagai upaya untuk mendukung pemudik dalam perjalanan pulang kampung tanpa beban biaya transportasi.

Menurut Kepala KSOP, layanan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung keselamatan dan kenyamanan perjalanan mudik.

“Diharapkan dengan adanya layanan ini, masyarakat akan dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tanpa harus khawatir akan biaya transportasi yang meningkat selama musim mudik,” harapnya.
 

Pewarta: Winda Herman
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024