London (ANTARA News) - Pasar-pasar saham utama Eropa naik pada awal perdagangan Jumat, karena investor bereaksi terhadap berita menguatnya pertumbuhan China dan mempertimbangkan langkah selanjutnya kisah kesepakatan utang Amerika Serikat.

Indeks acuan FTSE 100 perusahaan terkemuka di London naik 0,53 persen menjadi 6.611,09 poin. Di Frankfurt, indeks DAX 30 naik 0,43 persen menjadi 8.849,77 poin dan indeks CAC 40 di Paris naik 0,48 persen menjadi 4.259,87 dibandingkan dengan tingkat penutupan Kamis.

Perekonomian China tumbuh sebesar 7,8 persen tahun-ke-tahun pada Juli-September, data resmi menunjukkan Jumat, menghentikan pelambatan pertumbuhan dua kuartal sebelumnya, namun analis mempertanyakan apakah perbaikan itu berkelanjutan.

Meskipun pasar menghela napas lega bahwa anggota parlemen AS pada Rabu menyetujui kesepakatan untuk membuka kembali pemerintah dan mencegah gagal bayar (default), sifat sementara perbaikan itu menekan sentimen.

Rancangan undang-undang membuka kembali kegiatan pemerintah sampai dengan 15 Januari dan meningkatkan plafon utang sampai 7 Februari, memberikan waktu anggota parlemen untuk menyusun kesepakatan jangka panjang, demikian AFP.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013