MV Danae R berhasil sandar dengan lancar di dermaga curah kering TTL, memecahkan rekor MV Tramontana dengan draft 13.14 meter yang singgah di TTL pada 2022 lalu
Surabaya (ANTARA) - Anak usaha dari Sub Holding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) yakni Terminal Teluk Lamong (TTL) mencatat sejarah baru dengan disinggahi kapal berbendera Bahamas yakni MV Danae R yang memiliki panjang 225 meter dan memiliki kedalaman 13,27 meter.

Hal tersebut, menjadi kapal curah dengan draft terdalam yang pernah sandar di TTL dan masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak.

Direktur Utama Terminal Teluk Lamong David Pandapotan Sirait dalam keterangannya di Surabaya, Jumat mengatakan bahwa kesiapan infrastruktur dan efektifitas operasional bongkar di TTL berhasil menarik minat kapal berukuran besar yang membutuhkan kedalaman kolam mumpuni.

"MV Danae R berhasil sandar dengan lancar di dermaga curah kering TTL, memecahkan rekor MV Tramontana dengan draft 13.14 meter yang singgah di TTL pada 2022 lalu," ucapnya.

David menjelaskan, dermaga curah kering TTL saat ini memiliki kedalaman kolam dermaga -14 meter LWS yang menjadi salah satu keunggulan TTL, sehingga kapal-kapal yang membutuhkan draft yang dalam bisa sandar.

Proses penyandaran kapal dengan bobot 75.740 ton itu, lanjutnya, berjalan mulus karena adanya koordinasi baik dari pihak-pihak terkait dan mitigasi resiko yang matang.

"Terima kasih untuk pilot yang pemberani dan koordinasi yang baik antara tim pelayanan kapal Pelindo SPJM, PMS, Regional 3 dan KSOP Tanjung Perak," ucap David.

Kapal tersebut, mengangkut sebanyak 68.733 ton komoditi jagung asal Brazil yang diimpor oleh Perum Bulog dan tiba pada Minggu (10/03).

"Proses bongkar kapal curah kering MV Danae R di TTL dilayani dua unit Grab Ship Unloader berkapasitas 2.000 ton per jam, dua lane conveyor dan gudang berkapasitas 200.000 ton yang seluruhnya terintegrasi dan ramah lingkungan.

David menambahkan, bahwa peralatan modern di TTL menarik bagi pengguna jasa karena menjanjikan kecepatan dan ketepatan kinerja bongkar curah kering yang unggul.

Selain itu, konsep ramah lingkungan yang diusung juga memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa di tengah tren global untuk berbisnis ramah lingkungan.

“Capaian ini membuktikan bahwa TTL sudah menjadi pelabuhan yang dipercaya melayani kapal-kapal besar dengan dukungan fasilitas infrastruktur yang modern dan ramah lingkungan”, katanya.

Baca juga: Terminal Teluk Lamong optimalkan dermaga domestik
Baca juga: Terminal Teluk Lamong luncurkan UMKM Drive Thru
Baca juga: Kapal curah kering terbesar sandar di Terminal Teluk Lamong

 

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024