Mataram, NTB (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) menggencarkan program pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu Unit 5-6 di Poco Leok, Kabupaten Manggarai, NTT.

General Manager PLN UIP Nusra Abdul Nahwan melalui siaran pers yang diterima di Mataram, NTB, Jumat, mengatakan upaya peningkatan potensi wilayah di Poco Leok ini merupakan bagian dari implementasi program corporate social responsibility (CSR).

Program-program itu dirumuskan PLN UIP Nusra melalui musyawarah bersama masyarakat dari berbagai suku besar yang tersebar di Desa Wewo, Desa Lungar, dan Desa Mocok.

PLN merangkai kegiatan tersebut dalam Free Prior Informed Consent (FPIC) atau Persetujuan Atas Dasar Informasi Awal Tanpa Paksaan (PADIATAPA).

"Kami minta aspirasi masyarakat terkait program apa yang masyarakat butuhkan. Aspirasi ini kami kumpulkan dan susun dalam berita acara. Kami juga komunikasi dengan pemda terkait program apa yang baik untuk kami jalankan. Salah satu program yang tercetus ialah hortikultura," kata Nahwan.

Melalui program yang menjadi wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) desa berdaya bantuan budi daya hortikultura ini, PLN melibatkan sebanyak 14 kelompok tani Poco Leok yang kini telah merasakan manfaatnya.

Pendamping program hortikultura, Sulastri Nofamet mengaku senang dengan adanya program bantuan budi daya hortikultura ini, sebab sebelumnya belum ada kelompok tani yang menerapkan hortikultura, padahal potensinya sangat besar.

"Manfaatnya banyak sekali. Karena masyarakat sebelumnya setiap hari ketemunya hanya daun singkong. Pas ada bantuan hortikultura ini kami senang karena sayur-sayur yang belum pernah kami garap bisa kami nikmati sekarang," ujar Anggota Kelompok Tani Canai Lea Samasing.

Selain memberikan bantuan budi daya hortikultura, mulai dari persiapan sampai tahap pemasaran, PLN secara konsisten memberdayakan masyarakat sekitar kawasan pengembangan PLTP Ulumbu 5-6 Poco Leok melalui bidang program CSR lainnya, antara lain program bantuan anak babi untuk kelompok ternak, bantuan pemasangan instalasi listrik gratis, bantuan untuk anak-anak stunting, sampai pelatihan konversi motor listrik untuk murid-murid SMK setempat.

"Melalui program ini PLN berharap dapat berkontribusi meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dan menggerakkan roda perekonomian daerah," kata Nahwan.

Bersama masyarakat setempat, PLN UIP Nusra berharap berbagai kegiatan dan program dapat berjalan lancar. Di samping itu, kolaborasi secara intensif dengan masyarakat juga membuka jalan penggarapan proyek infrastruktur kelistrikan PT PLN (Persero).

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024