Jakarta (ANTARA) -
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Polri menjamin ketersediaan dan kelancaran distribusi bahan pokok selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

"Polri menjamin dan memastikan lancarnya ketersediaan dan distribusi bahan pokok penting, serta pemantauan harga," kata Trunoyudo di Jakarta, Jumat.

Jenderal polisi bintang satu itu menyebut, dalam memastikan ketersediaan dan kelancaran bahan pokok sampai ke masyarakat, Polri berkoordinasi dengan Korlantas Polri dalam memastikan kelancaran kendaraan yang mengangkut distribusi komoditi pangan.

Baca juga: Aceh beri kemudahan warga dapati bahan pokok murah lewat pasar tani

"Agar pendistribusian dari daerah sentra produksi tidak terhambat, sampai dengan ke pasar serta ke masyarakat," ujarnya.
 
Menurut dia, selama Bulan Ramadhan terjadi peningkatan permintaan bahan pokok seperti beras, telur ayam dan minyak goreng.
 
Namun dipastikan pasokan bahan pokok tersebut terpenuhi dengan pemantauan Satgas Pangan Polri.
 
"Hingga saat ini pihak distributor telah men-supply bahan pokok penting ke toko-toko untuk pemenuhan kebutuhan hingga beberapa minggu ke depan," kata Trunoyudo.
 
Sementara itu, harga sejumlah bahan pokok di daerah cenderung stabil, terjadi kenaikan tidak terlalu signifikan untuk telur ayam Rp32 ribu per kg dan cabai rawit merah.
 
Sejumlah pemerintah daerah juga melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok di daerah masing-masing jelang Ramadhan.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024