Karena banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi di Asia Tenggara, khususnya Indonesia
Almaty, Kazakhstan (ANTARA) - Capital A, induk perusahaan maskapai AirAsia mengharapkan pembukaan rute penerbangan langsung dari Almaty, Kazakhstan ke Kuala Lumpur, Malaysia juga memberikan dampak untuk pariwisata Indonesia.

Diharapkan dengan pembukaan rute itu, tidak hanya menerbangkan wisatawan dari Malaysia dan negara Asia Tenggara lainnya ke Kazakhstan, tetapi juga menghubungkan wisatawan dari Kazakhstan ke 130 tujuan di wilayah lainnya melalui Kuala Lumpur.

"Karena banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi di Asia Tenggara, khususnya Indonesia," kata Executive Chairman of Capital A Datuk Kamarudin Meranun di Almaty, Kazakhstan, Sabtu.

Ia mengatakan Indonesia juga bisa menjadi salah satu negara yang bisa dikunjungi dengan berbagai destinasi wisata seperti pulau-pulau dan pantai-pantai yang menarik.

"Bali, Lombok, Raja Ampat kami promosikan destinasi wisata di Indonesia plus kita juga promosikan wisata di Almaty kepada Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, penerbangan langsung Kuala Lumpur menuju Almaty diresmikan di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) Terminal 2, Sepang, Malaysia, Kamis (14/3).

Adapun, rute Kuala Lumpur-Almaty dan Almaty-Kuala Lumpur dilayani empat kali dalam seminggu, yakni Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Dalam penerbangan perdana menuju Almaty pada Kamis (14/3), AirAsia mengoperasikan pesawat tipe Airbus A330-300 dengan mengangkut 283 penumpang.

AirAsia bersama Kazakhstan Tourism juga telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk mempromosikan sektor pariwisata antara Malaysia dan Kazakhstan, sekaligus meningkatkan perekonomian kedua negara melalui pariwisata.

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh CEO of AirAsia X Benyamin Ismail dan Chairman of Kazakhstan Tourism Kairat Sadvakassov, disaksikan langsung oleh Duta Besar Malaysia untuk Kazakhstan H.E Mohd Adli Bin Abdullah dan Executive Chairman of Capital A Datuk Kamarudin Meranun di Almaty, Kazakhstan, Jumat (15/3).

Baca juga: Indonesia AirAsia menyiapkan 350.000 kursi selama periode Lebaran 2024
Baca juga: Gandeng selebriti, AirAsia promosikan wisata Thailand ke tiga negara
Baca juga: AirAsia buka rute Kuala Lumpur-Almaty Kazakhstan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024