Mereka sangat terkenal. Jadi kami pakai nama-nama itu.
Jakarta (ANTARA News) - Tom Cruise, Johnny Depp, dan juga Keanu Reeves "dikurbankan" di Lahore, Pakistan, pada hari Idul Adha kemarin; ini dia "kebiasaan" unik penduduk setempat di negara Islam itu, saban Lebaran Haji itu dirayakan. 

Jangan dulu bersyakwasangka macam-macam, karena nama-nama bintang top Holywood itu adalah nama-nama hewan kurban yang dijual di pasar ternak setempat, sebagaimana dilaporkan Channel News Asia, Minggu. 

Stasiun televisi global itu menuturkan, hewan-hewan kurban itu semuanya jantan --sebagaimana salah satu persyaratan dalam berkurban-- terdiri dari kambing, domba, lembu, kerbau, dan juga unta. 

Pada tayangan berita sedunia Channel News Asia itu, hewan-hewan kurban itu diperdagangkan dalam "sajian" istimewa, dirias sedemikian rupa. Ada karangan bunga warna-warni meningkahi tanduk-tanduk hewan kurban itu; ini unik juga karena hewan-hewan jantan itu justru diberi riasan yang sangat feminim.

"Hewan kurban ini kami pelihara dengan penuh sayang, makanya penampilannya juga maksimal, sehat, dan bersih," kata seorang pedagang hewan kurban di pasar ternak Lahore itu. 

Tentang nama-nama aktor Holywood itu? "Mereka sangat terkenal. Jadi kami pakai nama-nama itu," kata pedagang hewan itu. Sembari memberi komentar itu, dia tersenyum kepada reporter Channel News Asia, berlatar hewan-hewan kurban dagangannya.

Keunikan berikut adalah, hewan-hewan kurban itu seperti dijadikan peragawan jika ada calon pembeli. Kira-kira begini "perintah" kepada hewan kurban itu, "Ayo jalan, Tom Cruise..." dan sang domba kurban menurut saja...

Penerjemah: Ade P Marboen
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013