Paris (ANTARA News) - Arsenal dan Barcelona tengah memburu kemenangan ketiga dalam laga ketiga mereka pada fase grup Liga Champions pekan ini.

Berikut tinjauan singkat delapan pertemuan dari enam belas tim yang akan berlaga Rabu dini hari WIB nanti dalam Liga Champions, dikutip dari AFP Sports.

GRUP E
Steaua Bucharest vs Basel
Steaua Bucharest yang adalah juara Liga Champions 1986, tengah memburu tiga poin pada Champions musim ini setelah dikalahkan Schalke dan Chelsea.
Klub kota Bucharest yang musim lalu menjuarai Liga Rumania ke-24 kalinya itu, baru memenangi 4 dari 38 laganya di Liga Champions dalam tujuh kali keikusertaannya, selain mengemas 11 seri.
Kemenangan terakhir mereka dicapai di Dynamo Kiev pada 2006, sedangkan kemenangan kandang terakhirnya dikemas saat melawan Widzew Lodz pada 1996.

Sementara itu Basel yang adalah semifinalis Liga Europa musim lalu, tak bisa mengulagi suksesnya saat menang 2-1 dari Chelsea pada laga perdana, setelah kalah 0-1 di kandang sendiri dari pemuncak klasemen Schalke.

Schalke vs Chelsea
Chelsea dan Schalke terakhir kali bertemu pada fase grup musim 2007/08 di mana pada pertemuan pertama di kandang Schalke berkesudahan 0-0, sedangkan saat bertemu di Stamford Bridge Chelsea menang 2-0 berkat gol Florent Malouda dan Didier Drogba.
Schalke tengah mengharapkan pulihnya kiper Timo Hildebrand dari cedera, sedangkan gelandang AS Jermaine Jones dan bintang Ghana Kevin-Prince Boateng telah pulih dari cedera lutut.
Tapi Schalke tampaknya tak akan diperkuat gelandang bertahan Marco Hoeger yang menderita cedera lutut saat menang 3-2 melawan Braunschweig akhir pekan lalu.

Chelsea sangat membutuhkan kemenangan di Gelsenkirchen untuk memperyakin kemenangan 4-0 atas Steaua Bucharest.
Chelsea tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya sejak kalah secara mengejutkan dari tamunya Basel dan sudah menciptakan 10 gol pada tiga pertandingan terakhirnya.
Ashley Cole sepertinya akan absen karena cedera, sedangkan gelandang Jerman Andre Schuerrle yang tak turun saat timnya menang 4-1 dari Cardiff karena cedera paha, akan kembali turun mendampingi Fernando Torres.

GRUP F
Arsenal vs Borussia Dortmund
Pemuncak Liga Premier Arsenal dan runner up Bundesliga tahun lalu, Dortmund, pernah saling bertemu pada musim 2011-2012 ketika dua gol dari Robin van Persie membuat Arsenal mendapat poin penuh kendati Shinji Kagawa sempat memperkecil kedudukan.
Van Persie dan Ivan Perisic lalu menjadi dua pemain yang menentukan hasil seri 1-1 pada pertandingan kedua.
The Gunners berada di fase grup dalam 16 musim berturut-turut. 
Arsenal berhasil mencapai puncak klasemen Liga Premier, terpaut dua poin di atas Chelsea dan Liverpool, padahal tampil tanpa sejumlah pemain kunci seperti Theo Walcott, Alex Oxlade-Chamberlain dan Lukas Podolski.
Mathieu Flamini mungkin tak bisa tampil setelah gegar otak saat menang 4-1 dari Norwich Sabtu pekan lalu.

Dortmund berada pada posisi kedua di Bundesliga, satu poin di bawah Bayern Munchen, setelah susah payah menang 1-0 dari tamunya Hanover Sabtu pekan lalu.
Klub Jerman ini tak akan diperkuat gelandang Nuri Sahin karena cedera pergelangan kaki.

Marseille vs Napoli
Bek Brazil Lucas Mendes tak akan turun karena cedera pergelangan kaki saat Marseille kalah 0-1 Jumat lalu dari Nice.
Dua kali kalah pada dua laga pertamanya di Grup  F, Marseille mesti mengalahkan klub Italia itu demi tetap menghidupkan harapan lolos ke babak knock-out.

Napoli sendiri tak akan diperkuat penyerang Argentina Gonzalo Higuain akibat cedera paha.
Goran Pandev kemungkinan diturunkan sejak awal pertandingan Napoli yang mengalahkan Borussia Dortmund namun kalah dari Arsenal, pada dua laga pertamanya.

GRUP G
Porto  vs Zenit St Petersburg
Pemain termahal Zenit yang baru saja dikontrak, Hulk, kembali memperkuat klub kepada siapa dia mencetak 78 gol.
Pemain Brazil berusia 27 tahun ini sudah berusaha tampil mengesankan untuk Zenit setelah sulit beradaptasi pada musim pertama akibat kawan-kawan setimnya memprotes nilai kontraknya.  Dia sudah menciptakan tujuh gol pada delapan laga terakhir. Zenit mencetak kemenangan ketujuh berturut-turut di liga domestik, namun baru mengemas satu poin di Liga Champions.

Porto mengoleksi tiga poin dan tengah memburu rekor tak terkalahkan di kandang melawan klub-klub Rusia, meski terakhir kali ketika kedua satu grup justru Zenit yang maju ke 16 Besar.

Austria Vienna vs Atletico Madrid
Atletico baru saja menderita kekalahan pertamanya musim ini di liga domestik ketika dibekap Espanyol 0-1 Sabtu pekan lalu.
Pasukan asuhan Diego Simeone ini sudah memenangi dua dari dua laga pertama Liga Champions musim ini, termasuk saat menang mengesankan dengan membalikkan keadaan ketika melawan Porto.

Atletico kemungkinan tak akan diperkuat darah muda Brazil Leo Baptistao, karena menderita cedera pergelangan kaki, dan kemungkinan akan diganti pemain berusia 25 tahun Diego Costa yang kehilangan dua laga karena terkena larangan bermain, namun menjadi pencetak gol terbanyak sementara dengan 10 gol.
Dia akan berusaha mengesankan pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque agar bisa masuk skuad timnas Spanyol pada Piala Dunia yang berlangsung di tanah kelahirannya di Brazil.
      
GRUP H
Celtic vs Ajax
Celtic sangat ingin memetik hasil pada laga pertama dari dua pertemuannya dengan Ajax, namun tak akan diperkuat kapten Scott Brown yang terkena larangan bermain akibat kartu merah melawan Barcelona beberapa hari lalu.
Celtic juga tak akan diperkuat Kris Commons yang terpaksa dipapah keluar karena cedera hamstring saat seri melawan Hibs Sabtu pekan lalu.
Pemain sayap James Forrest sepertinya akan diturunkan sejak awal setelah menciptakan sebuah gol indah.

Ajax bermain seri 1-1 di liga domestik melawan pemuncak klasemen Twente akhir pekan lalu dan tengah memburu setidaknya tempat di Liga Europa League. Klub ini sudah mengemas satu pon berkat seri 1-1 melawan Milan pada pertandingan sebelumnya.

AC Milan vs Barcelona
Milan boleh dibilang beruntung mendapat satu poin saat melawan Ajax berkat tendangan penalti pada menit-menit akhir yang dilesakkan Mario Balotelli.
Namun penyerang berbakat itu menjadi pemain yang amat disayangkan tak bisa turun setelah menderita cedera paha pada laga kualifikasi Piala Dunia melawan Armenia.
Milan sepertinya akan memanggil kiper nomor tiga Marco Amelia karena Christian Abbiati cedera, sedangkan Gabriel yang bermain Sabtu pekan lalu, tak berada di daftar susunan pemain untuk Liga Champions.

Barcelona yang sedang memburu kemenangan ketiga pada tiga laga fase grupnya, untuk pertama kalinya sejak Januari 2012 gagal mencetak gol ketika seri 0-0 melawan Osasuna.
Carles Puyol untuk pertama kalinya tampil sebagai starter sejak absen selama tujuh bulan akibat cedera lutut, sedangkan empat kali pemain terbaik dunia Lionel Messi akan kembali merumput setelah tak memperkuat beberapa laga akibat keluhan di paha.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013