Insiden pesawat jatuh di Binuang, Kalimantan Utara, pada 8 Maret 2024. Pilot pesawat berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat pada tanggal 10 Maret 2024
Jakarta (ANTARA) - Evakuasi korban akibat jatuhnya pesawat kargo milik operator penerbangan Smart Aviation menyita banyak perhatian khalayak pada kanal humaniora Antaranews.com dalam sepekan terakhir mulai tanggal 10-16 Maret 2024.

Insiden pesawat jatuh di Binuang, Kalimantan Utara, pada 8 Maret 2024. Pilot pesawat berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat pada tanggal 10 Maret 2024.
 
Selain evakuasi pesawat jatuh, berita yang juga menyita banyak perhatian pembaca adalah bencana hidrometeorologi akibat hujan deras. Provinsi Jawa Tengah menjadi wilayah paling parah akibat bencana hidrometeorologi tersebut.
 
Berikut rangkuman berita humaniora terpopuler selengkapnya:
 
Pilot pesawat Smart Aviation yang jatuh di Binuang ditemukan selamat
 
Capt. M Yusuf (29), pilot pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh ditemukan selamat di Binuang, Nunukan, Ahad.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
 
25 desa/kelurahan di Kabupaten Demak terdampak banjir
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mencatat sebanyak 25 desa/kelurahan yang terdampak banjir menyusul adanya tanggul sungai yang jebol serta curah hujan yang tinggi tersebar di enam kecamatan.
 
Curah hujan tinggi mempengaruhi debit air di wilayah hulu ke hilir meningkat, sehingga mengakibatkan beberapa daerah di Demak terdampak banjir.
 
Baca berita selengkapnya di sini.

MUI imbau umat tetap tak gunakan produk Israel saat Ramadhan
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam untuk tetap tak menggunakan produk yang terafiliasi Israel saat Ramadhan 2024, baik untuk konsumsi sahur, berbuka, maupun hantaran Ramadhan.
 
Pemboikotan terhadap produk terafiliasi Israel sebagai bentuk tekanan yang bisa dilakukan masyarakat. MUI memandang bahwa boikot bisa memperlemah kekuatan ekonomi Israel supaya tidak menyerang lagi Palestina.
 
Baca berita selengkapnya di sini.

Pergerakan tanah di Bekasi meluas, jalan Cikarang-Bojongmangu ambles
 
Dampak fenomena pergerakan tanah di Kampung Legok Cariu, RT 12 RW 06, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, meluas hingga mengakibatkan akses utama Jalan Raya Sukamukti-Sukabungah ambles.
 
Puluhan rumah dan fasilitas ibadah yang sebelumnya telah rusak juga mengalami ambles semakin dalam akibat pergerakan tanah tersebut.
 
Baca berita selengkapnya di sini.

Banjir dan longsor landa Kota Semarang, akibat hujan hingga Rabu malam
 
Banjir dan tanah longsor melanda Kota Semarang, Jawa Tengah, menyusul hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi sejak Rabu siang hingga malam.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Endro Martanto, Rabu, mengatakan genangan banjir bervariasi antara 20 hingga 70 sentimeter.
 
Baca berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024