"Ya, misalnya, bisa saja besok. Yang jelas barangnya sudah ada,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (17/3) menjadi sorotan, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sahkan suara 33 provinsi hingga komitmen Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) dukung Airlangga Hartarto untuk menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode ketiga.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. KPU RI telah sahkan suara 33 provinsi hingga hari ke-19 rekapitulasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengesahkan suara Pemilu 2024 di 33 provinsi hingga hari ke-19 Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional dilaksanakan pada Minggu malam pukul 23.59 WIB.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan terdapat lima provinsi tersisa yang perlu direkap di tingkat nasional, yakni Papua Induk, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, Maluku, dan Jawa Barat.

Baca selengkapnya di sini

2. Pengamat nilai rekonsiliasi nasional perlu dibangun jauh hari

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan bahwa rekonsiliasi nasional usai gelaran Pemilu 2024 semestinya perlu dibangun jauh-jauh hari sebelum hasil pemilu dikeluarkan oleh KPU.

Menurutnya upaya rekonsiliasi nasional dengan suasana aman, damai, lancar, dan penuh dengan kekeluargaan itu tidak bisa dilakukan secara mendadak atau tiba-tiba. Sehingga menurutnya wacana rekonsiliasi itu perlu digerakkan sebelum 20 Maret 2024 atau sebelum pengumuman hasil pemilu.

Baca selengkapnya di sini

3. KPU RI targetkan rekapitulasi nasional untuk 5 provinsi selesai besok

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menargetkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional untuk lima provinsi tersisa dapat selesai pada esok hari atau Senin (18/3).

Mellaz mengatakan bahwa KPU dari lima provinsi yang belum direkap di tingkat nasional; yakni Jawa Barat, Papua, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, hingga Maluku, sudah berada di Jakarta pada esok hari. Provinsi Jawa Barat akan menjadi provinsi yang pertama kali direkap pada esok pagi hari.

Baca selengkapnya di sini

4. KPU RI buka peluang bahas rekapitulasi PSU KL pada esok hari

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka peluang untuk membahas hasil rekapitulasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia, dalam "Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional" pada esok hari (18/3).

"Ya, misalnya, bisa saja besok. Yang jelas barangnya sudah ada," kata Anggota KPU RI August Mellaz di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu.

Menurut Mellaz, hasil rekapitulasi PSU Kuala Lumpur tinggal dibacakan dan disahkan dalam rapat pleno rekapitulasi tersebut.

Selengkapnya baca di sini

5. MKGR komitmen dukung Airlangga jadi Ketum Golkar periode ketiga

Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) sebagai organisasi mendirikan partai Golkar mendukung Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Umum Partai Golkar untuk periode ketiga 2024-2029.

"Airlangga telah menunjukkan kinerja dan perhatian sampai dengan partai Golkar ke tingkat akar rumput," kata Ketua Umum MKGR Adies kadir di Jakarta, Minggu malam.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024