Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi kemungkinan peluang aklamasi, untuk pemilihan ketua umum periode 2024-2029 di Musyawarah Nasional (Munas) Desember 2024.

"Tentu kita lihat perkembangannya, dan insya Allah kami akan terus menyelesaikan tugas-tugas politik ke depan," katanya di Jakarta, Minggu malam.

Baca juga: Jusuf Kalla tepis isu jadwal Munas Golkar dipercepat

Saat ini Airlangga telah mendapatkan dukungan dari seluruh pimpinan daerah Golkar se-Indonesia, untuk maju kembali sebagai ketua umum periode ketiga.

Selain itu, dua organisasi yang mendirikan Partai Golkar yakni Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) dan PPK Kosgoro 1957 juga memberikan surat dukungan kepada Airlangga. Tersisa satu organisasi pendiri yang belum memberikan dukungan, yakni sentral organisasi karyawan swadiri Indonesia (SOKSI).

Baca juga: MKGR serahkan kepada Airlangga soal penetapan jadwal Munas Golkar

Kemudian, tiga organisasi masyarakat (ormas) bentukan Partai Golkar juga menyerahkan surat dukungan, yakni Majelis Dakwah Islamiyah (MDI), Himpunan Wanita Karya (HWK) dan Pengajian Al Hidayah.

Tersisa tiga ormas bentukan yang belum memberikan dukungan, yakni Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) dan Satuan Karya Ulama Indonesia.

Baca juga: Airlangga enggan tanggapi soal kembali "nyalon" jadi Ketum Golkar

Airlangga menyatakan dukungan itu merupakan amanah yang harus dijaga. Kata dia, agenda Partai Golkar jangka pendek, yakni persiapan Pilkada dengan target 60 persen kemenangan.

"Setelah itu, kami Insya Allah akan pertanggung jawabkan di Munas pada bulan Desember nanti," katanya menegaskan.

Baca juga: Bahlil tegaskan masih jadi kader Golkar soal kemungkinan jadi Ketum
Baca juga: Bamsoet akan calonkan jadi Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 2024

Pewarta: Fauzi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024