Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo menyebut pentingnya calon pengantin memahami anatomi alat reproduksi untuk mempersiapkan kehamilan guna mencegah anak stunting.  

“Bentuk-bentuk selaput dara (hymen) pada organ reproduksi perempuan itu bervariasi. Tipe hymen yang di tengah itu adalah lubangnya, nomor satu dan dua lubangnya lebar selaputnya kecil. Ini kalau berhubungan seks pertama kali kemungkinan berdarah kecil, karena ini cukup berlubang (anoler) bentuknya,” ujar Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Senin.  

Baca juga: Survei BKKBN: 98,3 persen responden menyatakan stunting berbahaya

Hasto memaparkan materi tentang anatomi alat reproduksi tersebut pada kelas pranikah seri keempat yang diselenggarakan secara daring pada Jumat (15/3).

“Penting bagi calon pengantin untuk memahami betul anatomi reproduksi laki-laki dan perempuan untuk menghindari kesalahpahaman ketika nanti melakukan hubungan suami istri. Saya pernah didatangi pasien yang baru satu hari menikah, si suami meminta cerai karena ragu dengan keperawanan istri,” tuturnya.

Ia menegaskan, kesalahpahaman dan kurangnya kesadaran untuk mempelajari kembali fungsi alat reproduksi tersebut sangat membahayakan bagi ketahanan keluarga.

"Ada juga yang bentuknya melingkar, nomor tiga. Ini bisa elastis bisa tidak, bagi yang elastis, kalau berhubungan seks bisa berdarah, dan bagi yang kaku bisa robek,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bagi hymen perempuan yang tengahnya bersekat, bisa robek atau tidak, bahkan, robekan terjadi pada saat melahirkan.

“Hymen yang mempunyai lubang agak lebar, biasanya berdarah. Namun, bila lubangnya sangat kecil di tengah, bisa saja sangat sulit untuk berhubungan suami-istri, bahkan perlu dirobek dengan pisau kecil oleh dokter, tapi itu tidak sakit,” katanya.

Ia menambahkan, ada juga perempuan yang memiliki hymen berbentuk saringan, yang disebut kribriformis, di mana terdapat lubang kecil-kecil tapi banyak. Perempuan dengan tipe hymen ini siklus menstruasinya masih lancar, serta umumnya berdarah pada pertama kali berhubungan suami-istri.

“Ada juga bentuk hymen nomor sembilan, tidak normal atau tidak ada lubangnya, istilahnya imperforata. Hymen yang tidak berlubang menimbulkan sakit perut karena darah menstruasinya tertampung di dalam,” ungkapnya.

Baca juga: BKKBN: Pendidikan semakin tinggi salah satu sebab usia menikah mundur

Ia juga menegaskan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, khususnya bagi perempuan, karena organ reproduksi perempuan memiliki tiga lubang, yakni rahim di tengah, kandung kemih di bagian depan, dan di belakang ada saluran buang air besar, di mana organ tersebut langsung menembus ke rongga perut.

Lain halnya dengan pria yang hanya memiliki dua lubang, yakni saluran kandung kemih dan saluran sperma.

“Kalau ada bakteri dari vagina naik ke saluran leher rahim, naik ke dalam rahim, masuk lagi ke saluran telur, bakteri bisa sampai ke sekitar usus, sehingga perempuan yang keputihan terlalu lama bisa terjadi infeksi nyeri di perut, bisa bernanah," kata dia.

Menurutnya, banyak sekali perempuan yang tidak bisa hamil gara-gara saluran telurnya bernanah hanya karena keputihan yang tidak disembuhkan.

"Hati-hati ada perempuan yang sulit hamil, ternyata saluran telurnya buntu,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar laki-laki menjaga kebersihan alat kelaminnya, karena ketika melakukan hubungan suami-istri, laki-laki bisa menularkan bakteri ke alat kelamin wanita.

Baca juga: Kepala BKKBN minta hidupkan data percepat penurunan stunting

Baca juga: Kepala BKKBN sarankan program makan siang gratis juga sasar ibu hamil


 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024