San Francisco (ANTARA News) - Apple diperkirakan akan memperbanyak jajaran iPad seiring memanasnya persaingan dari tablet dengan perangkat lunak  Google dan Microsoft .

Para pengamat sepakat bahwa iPad akan menjadi primadona pada acara Apple dengan undangan terbatas yang akan berlangsung San Francisco.

"Prioritas Apple adalah membuat iPad berukuran besar yang membuat orang terpukau dan bukan lagi fokus ke spesifikasi, Mini iPad perlu mengejar yang merek lain sudah kerjakan," kata Stephen Baker, pengamat pemasaran dari NPD dilansir dari AFP, (21/10).

Baker menambahkan, "Banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan tablet ukuran besar dan untuk perangkat yang lebih kecil tersedia banyak pilihan."

Menurut pengamat tersebut, jenis tablet sedang menghadapi persaingan yang kian meningkat dengan notebook layar sentuh dari Microsoft yang dibanderol dengan harga 350 sampai 500 dolar AS.

"Apple akan menjadi nomor satu untuk tablet ukuran besar mungkin untuk jangka waktu yang lama, tetapi persaingan nanti akan berubah," kata Baker .

Apple berada di bawah tekanan untuk beradaptasi dengan popularitas tablet premium dengan layar berkualitas tinggi berukuran tujuh sampai delapan inci.

Ritel online Amazon.com pada Jumat lalu memulai pengiriman Kindle Fire HDX, tablet baru berukuran tujuh inci dengan tampilan yang berkualitas dengan harga 229 dolar AS.

Nexus 7, tablet terbaru Google yang didukung oleh perangkat lunak Android sedang jadi topik hangat  di pasaran dengan harga yang menggoda .

Menurut pengamat dari Gartner, Van Baker,  Apple kini memiliki pola pikir industri baru untuk iPad yakni "lebih kecil, lebih tipis dan lebih ringan" dan mungkin akan diperkuat dengan prosesor yang digunakan dalam iPhone 5S yang baru diluncurkan.

Baker mengamati apakah model iPad baru yang memiliki prosesor 64-bit sebagai mesinnya akan memberikan dorongan signifikan yang memungkinkan tablet mengerjakan program berat dan permainan.

"Ini berpotensi untuk membuat perangkat tablet yang jauh lebih menarik dalam hal pembuatan konten, membuat perangkat yang lebih canggih dengan aplikasi yang kuat, " kata Baker.

"Ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa tablet akan menggantikan PC (personal komputer)," kata Baker,

Ia mnambut baik jika  iPad menggunakan sidik jari untuk fitur keamanan seperti yang menjadi andalan pada iPhone 5S.

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013