kami  menyediakan Rp3,2 triliun, dengan proyeksi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri itu sekitar Rp2 triliun
Bengkulu (ANTARA) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bengkulu menyediakan uang kartal Rp3,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat provinsi itu selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024.
 
"Untuk Provinsi Bengkulu, dalam rangka pemenuhan kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri, kami  menyediakan Rp3,2 triliun, dengan proyeksi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri itu sekitar Rp2 triliun," kata Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bengkulu Darjana di Bengkulu, Senin.
 
Dia mengatakan sediaan uang kartal tersebut bahkan tingkat kecukupannya lebih 160 persen dari kebutuhan daerah selama periode tersebut.
 
Artinya, lanjut dia, masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan pecahan uang rupiah untuk kebutuhan Ramadhan, terutama Lebaran 2024.
 
Selain lewat perbankan swasta, BUMN dan daerah, masyarakat pun, kata dia, bisa menukarkan uang atau menarik uang lewat mobil kas keliling Bank Indonesia yang akan berkeliling ke seluruh daerah di provinsi itu.

Baca juga: BI mengajak warga Bengkulu bijak belanja beras

Baca juga: BI: Akselerasi pertumbuhan ekonomi Bengkulu berlangsung di 2024
 
Ada sembilan mobil kas keliling yang disediakan. Masyarakat bisa menarik uang atau menukarkan dengan lembaran baru uang pecahan yang telah disediakan.
 
"Selain menukarkan dengan uang yang lama (lembar lama ke cetakan lembar baru) masyarakat juga bisa lewat QRIS, jadi nanti menerima yang baru sesuai dengan jumlah dan pecahan yang ingin ditukarkan," ujarnya.
 
Dengan upaya tersebut, Bank Indonesia berharap masyarakat lebih leluasa memenuhi kebutuhan dan merayakan Idul Fitri 1445 H.

Baca juga: BI: Pedagang pengguna QRIS di Bengkulu tumbuh 151 persen

Baca juga: BI Bengkulu terus kembangkan UMKM berbasis pesantren

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024