Kabul (ANTARA) - Unit polisi antiteroris mengumpulkan 300 unit senjata dalam serangkaian operasi di Provinsi Balkh, Afghanistan utara, dalam setahun terakhir, demikian disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Afghanistan pada Minggu (17/3).

"Dalam serangkaian operasi, yang meliputi ibu kota provinsi Mazar-i-Sharif dan distrik-distrik di Balkh, polisi menemukan 300 unit senjata ringan dan berat serta menangkap 35 orang dengan tuduhan menyimpan senjata secara ilegal," kata kementerian itu dalam pernyataannya di platform media sosial X.
 
Berbagai senjata dan amunisi yang dikumpulkan oleh polisi di provinsi Balkh, Afghanistan utara, dipajang di Mazar-i-Sharif, Afghanistan, 16 Maret 2024. (Xinhua/Khaibar Akbari)   


Kementerian tersebut tidak memberikan detail lebih lanjut.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021 pascapenarikan pasukan pimpinan Amerika Serikat dari Afghanistan, pemerintah sementara Afghanistan telah mengumpulkan ribuan unit senjata, yang meliputi tank tempur, dari seluruh Afghanistan dan memperingatkan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas jika ada yang membawa senjata secara ilegal. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024