Tadi dilaporkan ke Pak Presiden (Jokowi) ada 14 PSN baru yang pembiayaannya berasal dari swasta, menciptakan lapangan kerja, dan tidak membutuhkan APBN
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah akan mengembangkan 14 proyek strategis nasional (PSN) baru dengan pembiayaan dari swasta, yang telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tadi dilaporkan ke Pak Presiden (Jokowi) ada 14 PSN baru yang pembiayaannya berasal dari swasta, menciptakan lapangan kerja, dan tidak membutuhkan APBN,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terkait PSN di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin.

Di antara PSN baru tersebut, Airlangga menyebut ada proyek baru penyesuaian nomenklatur dan perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri.

Keempat belas PSN itu yakni pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept; Kawasan Industri Wiraraja di Pulau Galang, Batam; North Hub Development Project yang terkait dengan proyek Kementerian ESDM dan perusahaan migas asal Italia, ENI; Kawasan Industri Neo Energy Parimo di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; Kawasan Industri Patimban di Subang, Jawa Barat.

“Kawasan Industri Patimban ini bukan yang baru, yang baru adalah suplai energi dan ada juga pengembangan untuk kawasan ekonomi baru di Patimban,” kata Airlangga.

Selanjutnya, pembangunan Giga Industrial Park di Sulawesi Tenggara; Kawasan Industri Kolaka Resource dan Kawasan Industri Stargate yang disponsori oleh Astra; Kawasan Pesisir Surabaya Water Front di Kenjeran, Jawa Timur yang terkait dengan pasar ikan dan kegiatan ekonomi masyarakat; Neo Energy Morowali yang terkait dengan PLTS dan pengembangan baterai; serta Kawasan Pengembangan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD) yang khusus untuk kawasan medicine dan pendidikan.

Pemerintah pun mencatat PSN baru lainnya yaitu Kawasan Industri Toapaya di Bintan, yang merupakan ekspansi dari Bintan Alumina, serta ada dua proyek yang merupakan kelanjutan dari proyek yang sudah eksisting yakni pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II dan pengembangan Jalan Tol di Kota Bandung.

Menurut Airlangga, PSN yang dikembangkan pemerintah telah tersebar dari Sumatera hingga Papua.

“Kita dalam pengembangan kan lebih besar (jumlah proyeknya) di luar Jawa,” katanya.

Baca juga: Kemenko Perekonomian: Sebanyak 190 PSN selesai hingga Desember 2023
Baca juga: Menteri PUPR: Tol Akses Pelabuhan Patimban strategis bagi logistik
Baca juga: LMAN salurkan Rp123,87 triliun untuk pembebasan lahan 117 PSN


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024