Dari sebulan yang lalu kami sudah melakukan pemeliharaan jaringan di beberapa titik yang sering terjadi gangguan....
Pangkalpinang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan inspeksi jaringan dan melakukan pemangkasan pohon untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Inspeksi kami lakukan di jaringan-jaringan listrik PLN yang menyalurkan langsung listrik ke tempat-tempat ibadah dan rumah-rumah pelanggan di Unit Layanan Pelanggan (ULP). Tidak hanya di pendistribusian listrik ke pelanggan dari sisi hulu kelistrikan yakni pembangkit, transmisi dan gardu induk juga dilakukan inspeksi dan kesiapan dalam menyuplai pasokan listrik," kata Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan Pangkalpinang Lukas Desiandri, di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, berbagai persiapan yang dilakukan untuk menjaga keandalan listrik sudah dilakukan jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan 1445 Hijriah, dan akan terus dilakukan untuk memastikan pelayanan prima kepada konsumen.

“Dari sebulan yang lalu kami sudah melakukan pemeliharaan jaringan di beberapa titik yang sering terjadi gangguan, seperti penggantian material yang terindikasi tidak optimal lagi fungsinya dan gangguan hewan yang menyebabkan trip. Untuk mencegah potensi gangguan PLN juga melakukan antisipasi dengan melakukan pemangkasan pohon, agar tidak menyentuh jaringan serta bisa menjadi jalan masuk hewan ke jaringan listrik," katanya  lagi.

Manajer PLN UP3 Bangka Muhammad Isra menyebutkan PLN terus berkomitmen untuk memastikan pasokan listrik yang stabil dan andal bagi masyarakat, salah satunya pada 4 Maret 2024 PLN Babel berhasil menambahkan kapasitas listrik di Bangka dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas dengan kapasitas 1x25 megawatt (MW) di Kompleks Pembangkitan Air Anyir.

“Kami telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap infrastruktur dan kapasitas kami, serta merencanakan langkah-langkah proaktif dalam menghadirkan listrik yang andal selama bulan Ramadhan dan sampai Hari Raya Idul Fitri," kata Isra pula.

Sedangkan di Pulau Belitung, Manajer PLN UP3 Belitung Hariani mengatakan, di Belitung langkah-langkah yang sama juga telah dilakukan untuk menjaga keandalan sistem agar mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Jika kondisi alam menyebabkan adanya gangguan, pelanggan dapat segera melaporkan melalui PLN Mobile, dan tentunya kami siap untuk mengatasi tantangan dan gangguan yang ada untuk memastikan bahwa masyarakat dapat menjalani ibadah dengan nyaman dan aman tanpa gangguan," katanya lagi.
Baca juga: PLN Babel menjaga keandalan listrik kebutuhan Tahun Baru 2024
Baca juga: PLN Babel lakukan kampanye kendaraan listrik di Pangkalpinang

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024