284 personel kami siagakan untuk menjaga keandalan kelistrikan sekaligus kelancaran Pemilu 2024 yang berlangsung besok, sampai selesai penghitungan suara
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memastikan keandalan pasokan listrik saat penyelenggaraan Pemilihan Umum 14 Februari 2024.

Manajer PLN UP3 Cikarang Zamzani mengatakan telah menyiagakan personel jaga serta peralatan pendukung kelancaran pasokan listrik saat pelaksanaan pemungutan suara hingga proses penghitungan dan rekapitulasi suara pada Pemilu 2024.

"Total ada 284 personel kami siagakan untuk menjaga keandalan kelistrikan sekaligus kelancaran Pemilu 2024 yang berlangsung besok, sampai selesai penghitungan suara nanti," kata Zamzani di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa.

Dia mengatakan ratusan personel Siaga Pemilu 2024 itu terdiri atas 84 pegawai, delapan personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), 172 petugas pelayanan teknis, 12 operator pusat kendali, serta delapan operator radio.

Pihaknya juga menyiagakan 19 kendaraan roda empat dan empat unit motor operasional, didukung peralatan penunjang distribusi meliputi 11 unit gardu bergerak, UPS, ACOS, serta Crane.

"Kami telah memasang 18 unit genset di 16 kantor PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), satu di Kantor KPU dan satu lagi di Kantor Bawaslu Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: PLN Cikarang: 26.088 sertifikat energi terbarukan digunakan pelanggan

Baca juga: PLN Cikarang ajak warga ikut cegah kecelakaan akibat listrik


Zamzani mengaku pemeriksaan pada lokasi-lokasi prioritas atau titik pelaksanaan pemungutan suara telah dilakukan setiap kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) guna memastikan keamanan dan kenyamanan warga saat memilih.

"Untuk lokasi Siaga Pemilu 2024 di bawah naungan PLN UP3 Cikarang ada 18 titik yang tersebar di empat ULP yakni ULP Cibitung, Tambun, Cikarang Kota, dan Lemah Abang. Semoga kegiatan pemilu besok berjalan dengan aman, lancar, dan tanpa gangguan sistem kelistrikan," ucap dia.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia mengatakan kesiapan telah terstandardisasi melalui prosedur tetap siaga Pemilu Provinsi Jawa Barat 2024 meliputi peta teknis pasokan listrik pada sejumlah objek penting di seluruh wilayah itu.

"Skenario pengaturan suplai beban bilamana terjadi gangguan pasokan listrik karena kondisi di luar prediksi atau darurat serta daftar lokasi penting dan pejabat yang terkait dengan pengamanan pasokan listrik telah siaga," katanya.

"Posisi Jawa Barat yang cukup strategis, maka PLN tidak akan melewatkan momentum ini dan siap mengawal pasokan listrik di setiap rangkaian pemilu serta menjadi bagian dari kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi di Jawa Barat," imbuh dia.

Baca juga: PLN Bekasi operasikan penyulang baru tingkatkan keandalan listrik

Baca juga: PLN menghadirkan layanan isi daya kendaraan listrik di rumah

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024