Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menilai desain jersei dari tim nasional Indonesia yang diproduksi jenama Erspo memicu inspirasi dan semangat baru buat timnas.

Jenama Erspo resmi merilis jersei tim nasional Indonesia yang digunakan skuad garuda untuk berkiprah di sejumlah kompetisi di antaranya Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala Asia U-23 hingga Piala AFF U-17.

"Terus terang saya bangga dengan jersey timnas baru ini. Inspirasinya sangat kuat, baik dari soal sejarah dan memasukkan unsur suporter yang menjadi pendukung setia timnas. Saya berharap jersey baru ini menjadi pemicu semangat laga-laga timnas," kata Ketum PSSI Erick Thohir seusai peluncuran di Jakarta, Senin.

Peluncuran jersey terbaru yang terinspirasi dari kostum timnas Merah Putih saat mengalahkan Jepang, 2-0 di laga persahabatan di Stadion Utama GBK, Senayan, 24 Februari 1981 itu juga dihadiri Menpora Dito Ariotedjo, beberapa pengurus Exco PSSI, dan timnas senior yang ikut berjalan di catwalk sembari memperagakan kostum kandang dan tandang.

"Hal lain yang saya apresiasi dari jersey Erspo ini adalah kolaborasi yang dilakukan dengan melibatkan banyak produk lokal lainnya, seperti desain, hologram untuk keaslian produk, hingga UMKM lokal untuk pembuatan jersey replika dengan sasaran masyarakat yang lebih luas," tambah Erick.

Jersei pertama menggunakan warna dominan merah dengan garis kerah o-neck putih itu terinspirasi dari jersei timnas Indonesia pada tahun 1981 ketika digdaya menundukkan timnas Jepang.

Dalam jersei berwarna merah tersebut, terdapat motif timbul yang bermakna sebagai dukungan dari suporter dengan mengambil corak yang bermakna tepuk tangan, hentakan kaki, suara teriakan penonton dan dentuman drum.

Pada jersei kedua, didominasi dengan warna putih dengan garis kerah yang juga menggunakan o-neck berwarna merah.

Nuansa retro kian terasa di dua jersei skuad garuda tersebut dengan memadukan lambang Garuda Pancasila yang dipadukan dengan motif logo timnas pada tahun 1981. Logo tersebut memiliki makna kekuatan dan perlindungan.

Kerjasama PSSI dengan Erspo merupakan kolaborasi dengan nilai komersial terbesar untuk sponsor jenama yang selama ini pernah ada dalam sejarah di Indonesia. Selain itu, untuk pertama kalinya PSSI dan timnas akan mendapatkan prosentasi royalty dari setiap unit jersei/apparel yang terjual yang selama ini tidak pernah ada.

Erspo juga memberikan nilai sponsorship senilai Rp 8 Miliar/tahun dan suplai produk senilai Rp 20 miliar/tahun yang merupakan kontribusi terbesar yang selama ini pernah ada untuk Timnas Sepakbola Indonesia dan Indonesia.

Jersei terbaru ini akan langsung dikenakan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Asia melawan Vietnam, pada 21 Maret mendatang di Stadiun utama GBK, Senayan.

Baca juga: Erspo rilis jersei baru timnas Indonesia, terinspirasi era kejayaan 1981

Baca juga: Timnas Indonesia rilis baju latihan, duo Sayuri jadi model

Baca juga: Erick: Kami butuh dukungan maksimal suporter

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024