Jakarta (ANTARA) - Sempat dikritik warga internet (warganet), jersei tim nasional Indonesia menuai pujian saat resmi diluncurkan.

Jenama Erspo resmi merilis jersei tim nasional Indonesia yang digunakan skuad garuda untuk berkiprah di sejumlah kompetisi diantaranya Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala Asia U-23 hingga Piala AFF U-17.

Jersei timnas yang digarap oleh apparel lokal papan atas itu nyatanya mengundang pujian luas publik. Beberapa hari sebelumnya, bocoran jersei timnas sempat mengundang kritik karena dinilai terkesan terlalu sederhana.

Namun ketika detail kostum itu diungkap ke publik, kritik berubah menjadi pujian. Jersei timnas memiliki detail menarik dengan menampilkan corak rajutan khas Indonesia.

Warganet pun langsung merespons positif jersei karya anak bangsa tersebut. "Keren berkelas jika dilihat langsung, bahan gradasi rajut yang ditonjolkan," komentar akun @alieenliem di Instagram @erspo, Senin. 

Di media sosial X, bahasan soal jersei timnas bahkan menjadi trending topik yang merajai lini masa. Kata kunci KostumTimnas BuatanMilenial, JerseyGaruda YangTerbaik, dan tagar #JerseyTimnasGaruda serta menjadi topik utama yang mayoritas berisi apresiasi dari warganet, terutama akun bercentang biru.

"Karena jersei itu tak sekadar desain, dan banyak hal terkait teknologi kain, detail desain sih juga udah pasti. Pada nunggu teknologi di kainnya nanti seperti apa, supaya jersei sederhana itu terlihat mewah," tulis akun @Far_Rida do akun X.

Salah satu penggiat media sosial @Arti_SebuahRasa juga memuji kostum timnas garapan Erspo. "Ini keren banget asli, visualnya khas banget, jadi tahu kalau ini timnas Indonesia. Pokoknya #BanggaKostumTimnas sekarang ini. Jersey timnas yang terbaik," tulisnya.

Jersei pertama yang menggunakan warna dominan merah dengan garis kerah o-neck putih terinspirasi dari jersei timnas Indonesia pada tahun 1981 ketika digdaya menundukkan timnas Jepang.

Dalam jersei berwarna merah tersebut, terdapat motif timbul yang bermakna sebagai dukungan dari suporter dengan mengambil corak yang bermakna tepuk tangan, hentakan kaki, suara teriakan penonton dan dentuman drum.

Pada jersei kedua, didominasi dengan warna putih dengan garis kerah yang juga menggunakan o-neck berwarna merah.

Nuansa retro kian terasa di dua jersei skuad garuda tersebut dengan memadukan lambang Garuda Pancasila yang dipadukan dengan motif logo timnas pada tahun 1981. Logo tersebut memiliki makna kekuatan dan perlindungan.

Sementara untuk jersei pertama penjaga gawang didominasi dengan warna hijau stabilo dengan lingkar o-neck berwarna merah di lengan. Lalu jersei kedua penjaga gawang didominasi dengan warna biru tua atau navy.

Selain merilis jersei yang digunakan oleh Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan, Erspo juga merilis sejumlah jersei latihan, jersei sebelum pertandingan, jaket hingga celana latihan.

Baca juga: Erick: Desain jersei baru picu inspirasi dan semangat baru buat timnas

Baca juga: Erspo rilis jersei baru timnas Indonesia, terinspirasi era kejayaan 1981

Baca juga: Erick: Kami butuh dukungan maksimal suporter

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024