Tulungagung, Jatim (ANTARA) -
Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin, melakukan aksi bagi takjil gratis menggunakan sepeda motor listrik berkeliling kota serta menyosialisasikan energi terbarukan kepada masyarakat setempat.
 
Pawai motor listrik oleh forum koordinasi kepala daerah beserta jajaran itu pun tak pelak menarik perhatian masyarakat yang dilintasi.
 
Pemandangan itu unik, meskipun masih terasa formal.
 
Sosialisasi dilakukan dengan mengendarai kendaraan listrik dari Polres Tulungagung dan berakhir di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.
 
Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi menjelaskan, kegiatan mengendarai motor listrik bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung sebagai upaya  Polres Tulungagung untuk memantau langsung situasi peningkatan arus lalu lintas masyarakat menjelang buka puasa.
 
"Agenda kali ini yakni patroli pemantauan langsung situasi lapangan menjelang buka puasa," kata Kapolres.

Arsya melanjutkan, tak cukup di situ, pihaknya juga melakukan kegiatan bagi-bagi takjil kepada masyarakat, sebagai bentuk kepedulian Forkopimda bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.
 
"Kegiatan bagi-bagi takjil dilakukan di Pasar Sore Tulungagung," katanya.
 
Di tengah sosialisasi, Arsya jelaskan ada peningkatan penggunaan motor listrik di masyarakat.
 
Menurutnya motor listrik merupakan salah satu moda transportasi.
 
Meski demikian motor listrik juga tetap dilengkapi administrasi kendaraan, berupa STNK dan SIM bagi pengendaranya.
 
Pengendara juga harus melengkapi alat keselamatan diri berupa helm.
 
"Penggunaan sepeda motor listrik di Kabupaten Tulungagung kian meningkat, maka pihaknya mengimbau agar pemilik motor listrik  melengkapi juga kendaraannya dengan nomor polisi," katanya.
 
Selain itu pihaknya juga mengapresiasi penggunaan motor listrik lantaran sepeda motor listrik menggunakan bahan bakar yang terbarui selain itu juga ramah lingkungan.
 
"Apresiasi juga bagi pengguna motor listrik bagi pemiliknya," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024