Kabupaten Badung (ANTARA) - Qualcomm baru-baru ini memperkenalkan chipset terbaru mereka Snapdragon 8s Gen 3 yang nampaknya diperuntukkan menjadi dapur pacu dari gawai-gawai "flagship killer".

Chip baru ini pada dasarnya adalah adik yang sedikit lebih terjangkau dari chip andalan Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 3.

Meski begitu, beberapa fitur yang sudah ada di Snapdragon 8 Gen 3 turut diboyong juga ke chipset ini.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 4 dengan CPU Oryon akan hadir pada Oktober

Baca juga: Huawei disebut patenkan teknologi sensor sidik jari ultrasonik


Misalnya seperti kemampuan ray tracing yang dipercepat perangkat keras, fitur ini membantu perhitungan rumit 
yang diperlukan untuk ray tracing, yang dapat menciptakan pencahayaan, bayangan, dan gambar yang lebih realistis. refleksi dalam game dan aplikasi lainnya.

Lalu ada juga Adreno Frame Motion Engine 2.0, teknologi ini berpotensi menggandakan frame rate game dari 60fps menjadi 120fps dengan menghasilkan frame tambahan di antara frame yang dirender oleh game. Menawarkan visual yang lebih mulus pada saat digunakan.

Di sisi CPU, chip ini memiliki inti utama Cortex-X4, empat inti Cortex A720, dan tiga inti Cortex-A520 dengan kecepatan clock masing-masing 3,0GHz, 2,8GHz, dan 2,0GHz. SoC ini kompatibel dengan RAM LPDDR5x hingga 24GB, dengan clock 4.200MHz.

Prosesor ini menyertakan fitur ISP triple kognitif 18-bit untuk menangani tugas pemrosesan gambar dan video.

Snapdragon 8s Gen 3 menawarkan fitur-fitur seperti kamera yang selalu aktif, peningkatan foto, segmentasi semantik, Snapdragon low light vision (LLV), dan kemampuan 2x sHDR (Super High Dynamic Range).

Perangkat yang menggunakan chip ini digadang mampu merekam video 4K HDR @ 60FPS dan perekaman video 1080p hingga 240FPS.

Untuk konektivitas, hadir sistem konektivitas seluler FastConnect 7800 dan Wi-Fi 7 dengan HBS (High Bandwidth Spectrum), bersama dengan Sistem RF Modem Snapdragon X70 5G, prosesor AI 5G.

Sama seperti kakaknya, kemampuan kecerdasan buatan (AI) generatif juga akan menjadi aspek kunci dari chip ini.

Perangkat ini menawarkan pembuatan gambar AI dan dukungan hingga 10 miliar parameter, yang sebenarnya agak berlebihan untuk perangkat berdaya rendah seperti ponsel pintar.

Qualcomm telah menyatakan bahwa jenama-jenama global, termasuk HONOR, iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi telah mengantre untuk mengadopsi platform Snapdragon 8s Gen 3. Peluncuran perangkat pertama diharapkan pada Maret ini. Demikian dilaporkan Gizmochina, Senin (18/3).

Baca juga: Qualcomm kenalkan modem 5G generasi berikutnya di MWC 2024

Baca juga: Samsung perpanjang kontrak dengan Qualcomm untuk dukungan Snapdragon

Baca juga: Mengintip performa Snapdragon 7s Gen 2 yang debut global di Poco X6 5G

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024